Wednesday, January 23, 2013

Tahu Kah Kamu Arti dari "Dewasa"?

 Guys, ini nih penjelasan singkat tentang kata "Dewasa"
sumber gambar: ehow.com
"Jika dilihat dari standar baku tidak bisa ditentukan kapan dan dalam usia berapa tahun seseorang dikatakan dewasa (Luqman Haqqani, Karena kamu sudah dewasa: 2005). Walaupun sulit menentukan kedewasaan dapat dilihat dari beberapa aspek diantaranya:
  1. Dewasa secara fisik, kalau ini kamu sudah mendapatkannya. karena tanda-tanda kejantananmu sudah tumbuh.
  2. Dewasa secara psikologis, barangkali ini yang belum kamu dapati, karena dewasa secara psikologis ditandai dengan kemampuan menyelesaikan masalah-masalah dan konflik-konflik dalam kehidupan. makanya agar cepat dewasa hadapi segala permasalahan hidup dengan seorang diri, jangan dulu meminta bantuan dari orang lain . Apabila permasalahannya tidak dapat dipecahkan baru meminta bantuan kepada orang lain. InsyaAllah dengan banyak menghadapi masalah dan berusaha untuk menyelesaikannya, kamu akan cepat dewasa.
  3. Dewasa secara sosial-ekonomi, kalau ini ditandai dengan sikap mandiri (bukan mandi sendiri coy)...Jadi kamu dituntut untuk bisa mandiri dalam berbagai hal.
Silahkan dari kriteria-kriteria di atas tadi, kamu pahami dan laksanakan! InsyaAllah kamu akan segera dewasa. Tapi ada syaratnya! kamu harus menghindari sikap-sikap berikut:
  • emosional (jangan terjebak oleh emosi)
  • egois (jangan mau menang sendiri)
  • tidak konsisten (jangan plin-plan dan mudah terpengaruh)
  • tidak tepat janji (usahakan bila berjanji harus ditepati)
  • tidak betanggung jawab (tumbuhkan rasa tanggung jawab dalam segala hal)
  • suka bersembunyi (jangan lari dari masalah)
Itulah tadi syarat-syarat yang harus kamu patuhi apabila hendak menjadi dewasa. sebenarnya masih banyak hal dalam menunjang kedewasaan, semoga bermanfaat yah guys...!

Kalau ada saran boleh tuh share di komentar...

0 comments:

Post a Comment