Wednesday, January 23, 2013

5 Keuntungan & Kerugian Mobile Learning

5 Keuntungan & Kerugian Mobile Learning

Kita tahu bahwa pembelajaran saat ini tidak hanya melulu di dalam kelas, belajar melalui papan tulis dan kapur atau spidol. IPhone, IPad, Tablet, Android misalnya tumbuh pesat sebagai teknologi mobile yang juga bisa bermanfaat dalam mobile learning atau pembelajaran online yang fleksibel untuk belajar dimanapun.
mobile learning
gambar: edudemic.com
Akan tetapi, dibalik keuntungan atau manfaat terdapat pula beberapa kerugian diantaranya sebagai berikut:
5 Keuntungan Mobile Learning
 pendidikan online
1. Mendukung Perkembangan Pendidikan
Menggunakan smartphone dan tablet, memberikan siswa/pelajar memiliki akses yang mudah terhadap pengetahuan. Tentu saja hal tersebut dapat mendukung dunia pendidikan. Siswa saat ini memiliki akses ke berbagai sumber mulai dari diagram, artikel, esai dan informasi akademik lainnya yang dapat meningkatkan prestasi siswa di dalam kelas.
2. Interaksi 
Kita semua tahu bahwa ketika seorang guru menanyakan soal kepada siswa atau dosen kepada mahasiswa sejenak kebanyakan dari mereka menjadi gugup, berpikir bahwa dirinya mungkin berada dalam kesulitan. Dengan mobile learning, komunikasi antara guru dan siswa lebih mudah. Ia bahkan bisa mendorong siswa pemalu untuk berkomunikasi lebih terbuka ketika mereka berada di kelas. Guru juga dapat menggunakan perangkat mobile untuk berinteraksi dengan siswa yang membutuhkan perhatian khusus.

3. Manajemen/Pengelolaan 

Tidak ada siswa yang sama dalam kegiatan belajar dan kemampuannya. Masing-masing memiliki cara mereka sendiri dalam menyerap informasi. Setiap siswa memerlukan pedagogi yang berbeda atau strategi untuk belajar. Melalui mobile learning, siswa dapat belajar dengan cara mereka sendiri. Mereka dapat mempersonalisasikan dirinya dan menikmati kegiatan belajar.

4. Akses yang lebih luas 

Selain memiliki akses pendidikan online dengan menggunakan smartphone dan tablet, siswa sekarang memiliki akses ke pakar pengetahuan. Siswa dapat membaca ulasan dan blog oleh para ahli lapangan. Mereka juga dapat mengikuti konferensi dan "webinar" (seminar online). Mereka juga sekarang memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan para profesional bahkan dari rumah atau ruang kelas. Menggunakan gadget membantu mereka dapat mengatasi jarak dan biaya.

5. Membantu Pendidikan Bagi Siswa dengan Kekurangan Fisik

Gadget semakin banyak dan sedang dikembangkan setiap hari untuk membantu siswa dengan ketidakmampuan belajar. Teknologi mobile juga dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Sekarang ini ada beberapa aplikasi yang melayani ketidakmampuan belajar dan gangguan fisik, kita dapat mengatakan bahwa siswa dengan kekurangan fisik memiliki kesempatan untuk menjadi sama dengan mereka yang normal.
 
5 Kerugian Mobile Learning
  
pendidikan online
1. Masalah Biaya
Biaya merupakan salah satu kelemahan besar dalam mobile learning. Bagaimana bisa siswa menjadi bagian dari mobile learning jika mereka tidak memiliki perangkat mobile? Perangkat mobile leraning berbiaya sekitar Rp. 1.000.000 seperti android hingga Rp. 8.000.000 seperti tablet atau iphone. Selain itu, teknologi berubah sangat cepat. Siswa harus meng-upgrade perangkat. Selain perangkat, terdapat data bulanan biaya dari provider ponsel, sehingga men-download file besar tidak hanya membutuhkan waktu tetapi juga biaya banyak.

2. Ukuran Perangkat
Ukuran gadget juga selain menguntungkan terdapat kerugian. Dikarenakan ukurannya kecil bahkan sangat kecil sehingga mereka bisa hilang atau dicuri dengan mudah. Selain itu, layar yang terlalu kecil dapat membuat kerusakan mata mereka yang menggunakannya untuk jangka waktu yang panjang jika tak berhati-hati. Juga, pada layar yang sangat kecil, hanya sejumlah kecil informasi dapat ditampilkan.

3. Battery Life
Gadget paling hanya memiliki waktu sekitar 2 sampai 4 jam dalam produktivitasnya. Setelah baterai habis, siswa harus melakukan pengisian ulang. Mobile learning pun tidak lagi bisa digunakan dalam keadaan baterai kosong.

4. Teknologi
Meskipun teknologi ini masih berkembang, apa yang kita miliki saat ini masih terbatas. Gadget memiliki penyimpanan yang terbatas dalam menyimpan file besar atau banyak. Seorang siswa harus merogoh kocek lebih dalam untuk memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar, dan kembali lagi ke kelemahan pertama dari mobile learning yakni biaya.  

Selain itu, ada beberapa sistem operasi atau platform yang berbeda dan konten pun tidak semua sama. Jadi, jika siswa pengguna Apple mereka menggunakan iOS, jika pengguna Android mereka hanya dapat menggunakan Android tidak bisa ditukar.

5. Usability
Beberapa perangkat mobile yang sulit untuk digunakan karena memiliki tombol kecil. Mereka bisa rumit untuk digunakan, bahkan bagi siswa. Meskipun keyboard yang dilepas tersedia saat ini, namun biaya alias uang jadi beban besar. Namun hal ini sepertinya tidak begitu jadi masalah.


Meskipun smartphone, gadget, tablet, ipad dan perangkat mobile lainnya memberikan manfaat besar dalam dunia pendidikan dengan menjanjikan kemudahan akan informasi namun faktor biaya menjadi perhatian utama dalam mendapatkan semua itu. Pikirkan mana yang lebih cocok dengan kemampuan dan kebutuhan dalam membeli perangkat mobile learning tersebut.

By: Aim Kazuhiko
sumber: edudemic.com 
http://www.gomuda.com

0 comments:

Post a Comment