Thursday, January 31, 2013

Buka data perjalanan GPS Android dengan Google Earth

Buka data perjalanan GPS Android dengan Google Earth

Posting ini merupakan kelanjutan dari posting sebelumnya tentang tracking perjalanan dan statistik perjalanan dengan memakai handphone berbasis Android. Data tersebut bisa di export ke Google Earth dalam bentuk .gpx atau .kml. Setelah data tersebut di pindahkan ke komputer entah dengan menggunakan email, colok cable atau lainnya, maka kita siap memproses data tersebut ke PC.
Untuk melakukannya sebelumnya kita perlu download dulu aplikasi google earth ke PC atau Mac aplikasi ini bersifat gratis. Download dulu installernya sebesar 555 kb, setelah itu jalankan saja executable filenya. Setelah Google Earth terinstall tinggal pilih menu utama paling kiri yang dibawahnya ada pilihan “buka” kemudian pilih file .gpx atau .kml tersebut.

Lihatlah tampilan utama Google Earth dengan file .gpx yang sudah di baca. Terlihat jalur biru yang sama persis pada handphone. Pada peta bagian atas bisa dilihat ada slider waktu di kiri atas, kita bisa memaju mundurkan slider tersebut supaya bisa mendapat gambaran persis, pada jam berapa kita sedang dimana? Atau bisa juga tekan satu tombol untuk memainkan animasi dan mengatur kecepatan animasinya. Terlihat kalau melewati jalur yang penuh kemacetan maka si panah juga akan melambat… persis dengan aslinya.


Peta basic tampak atas tanpa informasi jalan. Kita bisa melihat ada beberapa titik-titik penunjuk, juga foto-foto yang dibuat dan dimasukkan oleh user lainnya.

Peta dengan mengaktifkan overlay informasi jalan

Tampilan Google Earth sewaktu tambahan fitur 3D diaktifkan, beberapa bangunan keluar 3D nya, beberapa lagi terlihat belum masuk datanya

Bundaran Senayan, SCBD dan beberapa bangunan tampak jelas

0 comments:

Post a Comment