Tuesday, June 17, 2014

Langkah Atau Cara Menjumper Accu Mobil

Otomotrip.com – Cara jumper accu mobil atau cara memasang kabel jumper aki mobil, jumper aki mobil ketika mesin tidak kuat distarter adalah pekerjaan mudah, mudah bagi yang sudah mengerjakannya, tetapi jadi masalah tersendiri jika kita belum pernah dan tidak tahu bagaimana cara jumper accu mobil.
Mobil mogok atau macet ditengah perjalanan atau mesin tidak kuat distarter setelah parkir, dengan indikasi ketika lampu besar dinyalakan terlihat redup atau suara klakson terdengar lemah atau semua indikator dispido mati.
Ketika aki lemah dan mesin tidak kuat distarter, kita bisa mengatasinya dengan cara jumper aki mobil baik dengan aki lain yang kondisinya bagus atau dengan jumper aki dari mobil lain. Berikut ini adalah gambar cara memasang kabel jumper aki.
Cara jumper accu mobil
Cara Jumper Accu Mobil
1. Siapkan aki mobil yang masih bagus atau jumper dengan mobil lain
2. Siapkan kabel jumper, pilih kabel jumper yang bagus, gunakan kabel jumper yang besar minimal memiliki diameter urat kabelnya kira-kira 10mm, ini untuk menghindari kabel panas akibat arus listrik yang besar saat starter, karena arus listrik saat starter bisa mencapai 120 Amper.
Kabel jumper biasanya terdiri dari dua warna, yaitu kabel hitam dan merah.
3. Dekatkan mobil untuk jumper atau aki lain untuk jumper, pastikan jaraknya cukup dengan panjang kabel jumper.
4. Pasang kabel Catok Merah pada Positif aki dan Catok hitam pada terminal aki negatif pada kedua aki, baik aki untuk jumper atau aki yang dijumper, silakan lihat gambar diatas. Perhatian jangan sampai terbalik positif negatifnya, Positif dengan positif dan negatif dengan negatif.
5. Tunggu beberapa saat sebelum di starter sampai ada setrum pada aki mobil yang dijumper jika setrum aki benar-benar habis, seperti contoh mobil yang kehabisan setrum aki karena lama diam.
6. Setelah mobil hidup, lepaskan kabel jumper satu persatu mulai dari aki yang dijumper, jaga agar kedua kabel tidak saling bersentuhan antara kabel plus dan minusnya.
7. Setelah mesin hidup, lihat panel speedo meter apakah lampu aki terlihat nyala atau mati, kalau lampu aki tidak nyala berarti sistem pengisian aki dari dinamo cas (alternator) berjalan dengan baik.
Tetapi jika saat mesin hidup lampu aki di dashboard masih hidup, artinya sistem charging aki sedang dalam gangguan, dan alternator harus diperbaiki, dalam kondisi seperti ini aki mobil yang sudah dijumper tadi tidak akan terisi setrum dari dinamo cas atau Alternator.
Tips Jika Tidak Ada Kabel Jumper
Dalam kondisi darurat semisal tidak ada kabel jumper, langkah yang bisa dilakukan adalah:
1. Pinjam aki yang masih bagus, dengan ukuran fisik yang sama baik bentuk maupn ukuran kepala akinya (terminal aki).
2. Buka aki mobil yang soak, pasang aki yang dipinjam, kemudian starter mesin sampai mobil hidup.
3. Saat mesin sudah hidup, lepaskan kleman aki negatif dari kepala aki, jika mesin tetap hidup kita bisa lanjutkan dengan melepaskan kleman di terminal positif, kemudian angkat aki dan ganti dengan aki yang kurang setrum tadi agar di charge oleh Alternator.
Perhatian : saat mengganti aki sewaktu mesin hidup pastikan kedua kabel atau klem aki positif dan negatif aman tidak bersentuhan satu sama lain atau jaga agar kleman aki Plus tidak bersentuhan dengan ground atau massa.
Semoga membantu.


sumber : otomotrip.com

0 comments:

Post a Comment