Friday, June 6, 2014

Fungsi Diversity

Dear all,
Ada yang bisa bantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini?

1.       Apa fungsi RX Diversity?
2.       Apa yang terjadi jika rx diversity tidak digunakan (hanya 1 feeder per sector)?
3.       Jika BTS Master terinstall dengan diversity sedangkan BTS Slave tanpa diversity, apakah performance sitenya normal?

Br,
Bambang D

=================================================================================

Secara gamblangnya fungsi RX diversity adalah seperti pada pendengaran kita, apabila kita kehilangan 1 pendengaran dari salah satu telinga, maka akan banyak hal yang terjadi, misalnya pendengaran akan berkurang, tidak sensitif lagi, tidak dapat menentukan sumber suara, kehilangan keseimbangan.

Pada mobile network pun seperti itu, RX diversity fungsinya untuk meningkatkan sensitivitas penangkapan sinyal dari MS, membantu dalam proses handover terutama intercell HO, mengurangi akibat dari signal fading, dll.

Apa yang dimaksud dengan pertanyaan ketiga? TX, RX dan RX diversity hanya berhubungan di satu sektor saja. Apabila ada TRX di satu sektor tidak terhubung ke RX diversity, maka akibatnya radio pada sektor tersebut akan mendeteksi ada masalah, apabila signal qualitynya jelek, biasanya call yang sedang berlangsung akan di handover ke TRX yang lain, bisa dalam satu sektor atau ke sektor yang lain.

other answer :

Diversity itu penting sekali untuk menjamin agar kualitas sinyal tetap baik. Pada flexi BTS RxDiv harus selalu digunakan agar RSSI-nya tidak buruk.




sumber : https://groups.yahoo.com/neo/groups/telcotrainers/conversations

0 comments:

Post a Comment