Tuesday, May 6, 2014

PHP Dasar Membuat Koneksi Ke Database MySQL

Langkah 3 - Membuat Koneksi ke Database MySQL 

Bagi yang belum membaca langkah 1 sampai 2 bisa dibaca disini

Seperti hal nya dengan pemograman lain yang menggunakan database, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menghubungkan ke server database. Menyambung ke database MySQL di PHP memerlukan beberapa informasi yaitu:
  • hostname
  • database username
  • password
  • database name
Untuk menghubungkan ke database pertama-tama Anda akan melakukan koneksi ke database MySQL dan pada langkah berikutnya Anda harus memilih database yang akan digunakan. Ingatlah jika koneksi kita gagal maka kita tidak akan bisa melanjutkan ke script berikutnya. Perhatikan kode berikut :
Kode:
$host = "localhost";
$user = "nama_username";
$pass = "rahasia";
$db   = "test";

$koneksi=mysql_connect($host,$user,$pass) or die ("koneksi ke database gagal") ;
$koneksi_database= mysql_select_db($db,$koneksi);
Fungsi mysql_connect () adalah untuk membuat koneksi ke server MySQL dan jika koneksinya berhasil maka sebagai langkah selanjutnya kita dapat memilih database dengan perintah mysql_select_db().

Langkah 4 - Mengambil data dari database 
Sekarang saatnya untuk membuat sesuatu yang lebih menarik. Sebagai contoh mari kita coba untuk mengambil data dari tabel user dalam database test. Untuk melakukan hal ini buatlah koneksi ke database dan pilih database test. Langkah berikutnya adalah membuat query SQL - dalam hal ini suatu pernyataan SELECT - ke database. Sekarang cobalah untuk mendapatkan semua record dari MySQL. Pernyataan SQL untuk ini adalah:
$ambil = mysql_query("SELECT * FROM user");
Nah setelah memilih tabelnya, lalu bagaimanakah cara untuk menampilkan isi dari tabel tersebut? Caranya gunakan kode berikut :
$ambil = mysql_query("SELECT * FROM user");
While ($row=mysql_fetch_object($ambil)) {
$nama    = stripslashes($row->nama);
Echo "$nama";
}
?>
Pada kode diatas, saya menggunakan mysql_fetch_object  untuk mengambil hasil dari query SQLnya sehingga hasil baris tersebut akan didefenisikan sebagai object. Kita juga dapat menggunakan fungsi lain seperti berikut: 
  1. mysql_fetch_assoc () - Ambil hasil baris sebagai array asosiatif
  2. mysql_fetch_row () - Ambil hasil enumerated baris sebagai array
  3. mysql_fetch_array () - Ambil hasil baris sebagai array asosiatif, array numerik, atau keduanya
Kode diatas akan menampilkan seluruh data yang ada dalam tabel user. Bagaimanakah caranya jika kita ingin menampilkan beberapa data saja? Kita akan menggunakan limit untuk membatasi jumlah tampilan datanya dan biar lebih teratur kita akan menggunakan order by untuk mengurutkan data berdasarkan ASC (a-z) atau DESC (z-a).
$ambil = mysql_query("SELECT * FROM user ORDER BY nama ASC limit 0,2");
Beginilah kira-kira deskripsinya : Pilih data dari tabel user diurutkan berdasarkan nama A-Z dari data 1 dan ditampilkan hanya 2 data saja. Mmmmm kira-kira seperti itulah.

Semoga bermanfaat xD



sumber : http://www.nuzulifitriadi.com/



0 comments:

Post a Comment