Saturday, September 28, 2013

TIPS AWAL NEWBIE OPREKERS - MEMAHAMI ISTILAH-ISTILAH DALAM DUNIA OPREK

Tulisan ini saya buat dengan referensi dari Official Grup GYoung di Facebook d namun dengan saya modifikasi sebagian. Bagi kalian yang ingin ngoprek Android alias ngutak-atik semua isi android kalian perlu memperhatikan beberapa tips berikut. Tahap awal ngoprek android adalah melakukan Root.  Jadi Pengguna Android harus sadar bahwa proses root akan menggugurkan semua garansi & jaminan service Galaxy Young-nya. Meskipun pada nyatanya kita tahu kalau "hanya" root software-nya saja tentunya bisa diakali dengan proses unroot dan install ulang ke software pabrikannya seperti semula.  Berikut Tips untuk pengguna awal android yang ingin ngoprek ;

Pahami Istilah-istilah ngoprek

Rajinlah membaca dan searching Google. Jangan sekali- kali meminta untuk diajari langkah demi langkah, karena mungkin tidak semua orang mau dengan ikhlas untuk membantu anda saat itu juga. Bahkan teman atau sahabat anda sekalipun. Pelajari dengan cara membaca teorinya dan sering prakteknya. Pengalaman percobaan dan terjadinya error akan terus membantu menambah pengetahuan. Berikut istilah-istilah yang harus kalian pahami sebelum ngutak-atik android. Silahkan cari aja pengertiannya di Google. Pahamilah Istilah-istilah ngoprek : Root, Unroot, Stock ROM, Custom Rom, Bugs, CWM Recovery, Recovery Mode, Download Mode, Kernel, Flash, Flashing, Firmware, Bootloop, Bootanimation, Bootsplash, SoftBrick, HardBrick, Deodex, Odex

Pahami Perbedaan Stockrom  Dan Custom ROM

Stockrom adalah software bawaan pabrik, mungkin lebih tepat kita sebut saja firmware pabrikan, dan custom rom (cusrom) adalah firmware modifikasi yang dibuat oleh para developer dengan banyak perubahan baik itu penambahan maupun pengurangan fungsi.

Jika Akan Memasang Custom ROM

Pastikan apakah custom rom tersebut sesuai dengan firmware hp android anda. Perhatikan apakah bugsnya. Perhatikan fitur-fiturnya. Apakah Custom ROM itu masih ada pengembangan dari developernya, perhatikan komentar pengguna lain yang memasangnya.
Jika Akan Memasang Kernel
Perhatikan apa saja bugs kernel tersebut. Pastikan apakah kernel tersebut cocok dengan type hp android, versi android, dan firmware android anda. Perhatikan juga apakah kernel tersebut harus dipasang dalam kondisi hp android fresh (setelah diflashing/stockrom+stock kernel) atau tidak. Kesalahan dalam menginstall kernel dapat mengakibatkan hp android anda ketika dinyalakan hanya sampai di logo.

Pahami flashing via odin dan flashing via CWM recovery
Flashing adalah memasang firmware Smartphone Android anda, dilakukan jika Android anda bootloop (restart terus menerus), sistem android bermasalah, anda ingin mengupgrade firmware terbaru atau kembali ke Stock ROM ( Kondisi awal hp Android).

FLASHING VIA ODIN

Bagi para pengguna Android Samsung tentu cara flashingnya dengan menggunakan Software Odin. Flashing via Odin wajib hukumnya menggunakan tambahan alat yaitu komputer/laptop. Karena ODIN adalah aplikasi yang berjalan di lingkungan windows. Dan Flashing ODIN biasanya digunakan untuk flashing stockrom (software default pabrikan). Yang sebelum diperhatikan sebelum Flashing via odin adalah pastikan firmware itu benar-benar buat type hp android anda, pastikan koneksi kabel data tidak putus/nyambung, Jika pakai Laptop baterainya tidak hampir habis, Jika pakai komputer Jangan sampai komputer tiba-tiba mati karena  listrik mati, error/hang, dll. Karena jika hal ini terjadi ketika proses flashing maka Android anda bisa bricked/mati total.

FLASHING VIA CWM

Flashing ini melalui tahapan masuk ke mode recovery pabrikan kemudian masuk ke recovery CWM dengan cara menginstall zip file CWM. Sebelumnya anda harus sudah membackup semua isi hh android ( Nandroid backup) /memiliki backupan hh android sehingga jika suatu saat hh android anda bermasalah anda bisa merestore backupan tersebut.
Jangan lupa Backup selalu data kontak, sms, dan aplikasi. Mungkin saja masih ada tips-tips lainnya yang belum tercatat disini. Semoga tulisan ini bermanfaat
Selamat Belajar Android
be SMART with android SMARTphone

1 comments: