Saturday, September 28, 2013

Mengenal Android CWM serta fungsi CWM | ClockWorkMod



ClockWorkMod atau yang biasa disebut dengan CWM adalah sebuah recovery pada perangkat Android, yang bentuk fungsi dan penerapannya hampir serupa dengan recovery default. Biasanya pada recovery default menu yang tersedia adalah:
 

1. Reboot system now = Untuk reboot Android
2. Apply update from sdcard = untuk memilih zip dalam SD Card
3. Wipe data/factory reset = untuk reset data data Android
4. Wipe cache partition = untuk menghapus cache

Itulah tampilan menu dalam recovery default, tidak seperti recovery default pada recover via CWM terdapat 8 menu pilihan yang sangat membantu sobat dalam berbagai hal, 4 dari 8 pilihan tersebut adalah tambahannya:
 
 
 
5. Apply Update.zip =  sobat bisa root HH sobat dari sini
6. back-up and restore = disinilah sobat memback-up, segala data-datanya termasuk ROM
    default akan tersimpan dan utuh layaknya sebelum melakukan instalasi ROM ketika di
    restore.
7. Mount and storage
8. Advanced = dipilihan ini terdapat banyak lagi pilihan yang tersedia, salah satunya partisi SD
    Card.
 
Back Up And Restore

Apa sebenarnya arti back up itu sendiri?, back up adalah suatu aktifitas menyimpan data yang bertujuan menjaga data. Biasanya back-up yang dilakukan pada Android dilakukan di CWM, walaupun ada juga sebenarnya cara back up melalui media lain. Kenapa banyak user Android termasuk saya back up melalui CWM?. Salah satu keuntungannya yaitu jika kita back up melalui CWM, maka seluruh data yang tersimpan akan tersimpan 100%, jadi jika sobat merestore data sobat maka tidak ada satupun data-data yang hilang. Semuanya terlihat utuh. Back Up melalui CWM biasanya disebut dengan Nanroid Back up. Untuk cara back up dan restorenya, saya tidak akan menjelaskannya karna menurut saya anak SD juga bisa, jadi cukup memilih opsi back up dan restore ini .

Jika sobat punya SD Card yang kelasnya kurang dari 6, saya sarankan sobat untuk mengurangi SD Card sobat sampai minimal 25%., karena jika sobat menggunakan SD Card dengan kelas 6 kebawah, proses back-up ataupun akan berjalan lama bahkan gagal.
Sekian Postingan dari Drio AC Dokter Android, silahkan berikan masukan atau beberapa tambahan jika sekiranya apa yang salah tulis adalah suatu kesalahan. Sampai ketemu di postingan selanjutnya. 


sumber : http://androdoctor.blogspot.com


0 comments:

Post a Comment