Mengenal perangkat Base Tranciever Station / BTS

Mulai mengenal macam-macam merk vendor perangkat BTS, dan seluk beluk kompenen perangkat BTS.

Troubleshooting perangkat BTS, Power Supply, maupun Transmisi

Mengenal berbagai macam troubleshoot, baik disisi BTS maupun Transmisi (SDH / PDH), dan pencatu daya penyuplai BTS

Android, Sistem operasi berbasis Open Source

Sistem operasi yang menyajikan ribuan content aplikasi tak berbayar. Berbasis Open Source, developer aplikasi bebas mengekspresikan imajinasi aplikasinya dengan mengcompile coding pack mereka

Kilas robotik

Mengenal bagaimana suatu microcontroller dapat mengeksekusi suatu sintaks, dengan bahasa pemrograman, serta kompenen pembangun robot

Kilas Pemrograman Berbasis OOP

Bahasa pemrograman berbasis OOP ( Oriented Object Programming ) yang beragam, serta mengenal bagaimana suatu aplikasi dibangun dengan membuat algoritma dan flowchart yang baik

Friday, June 27, 2014

Basic KPI Drive Test

BASIC KPI DRIVE TEST


Ada 3 parameter dasar yang diperhatikan dalam Drive test
         1.RxLev Sub (dBm)
         2.RxQual Sub
         3.SQI


 
    1.RxLev Sub (dBm)
Merupakan indikator kuat sinyal (signal strength), dalam satuan dBm.
Range nilai mulai dari -10 s.d -120 dBm
 









    2.  RxQual Sub
Merupakan indikator kualitas (Quality) dari sinyal RF yang diterima oleh MS. Range nilainya adalah 0 s.d 7. Bisa juga dinyatakan dalam prosentase, tapi tidak populer digunakan








Nilai RxQual akan memburuk jika RxLev semakin lemah atau karena terjadi interferensi.



    3.SQI (Speech Quality Index)
Merupakan index kualitas suara dari panggilan yang dilakukan. Range nilainya adalah -20 s.d 30.








Nilai SQI berkaitan dengan nilai RxQual Sub. Jika RxQual Sub memburuk maka akan diikuti juga dengan penurunan nilai SQI.


GEJALA YANG TIMBUL DARI HUBUNGAN ANTARA RXLEV, RXQUAL, dan SQI

      1.RxLev Jelek + RxQual Jelek
Kemungkinan karena coverage yang jelek, bad contour, sudah terlalu jauh dari tower. Gejala ini juga akan diikuti dengan memburuknya SQI

      2.RxLev Bagus + RxQual Jelek
Kemungkinan besar terkena interferensi. Jika terlalu parah akan diikuti memburuknya SQI.

TAMPILAN RXLEV, RXQUAL, dan SQI DALAM TEMS

 
Parameter lain yang terkadang perlu diperhatikan adalah:

C/I (dibaca C to I) : Carrier to Interference
Menunjukkan perbandingan antara kuat sinyal serving cell dengan sinyal yang mengganggu (interferer).
Dikatakan baik jika lebih dari 10. Parameter ini berhubungan langsung dengan RxQual.

TA (Timing Advance)
Dalam praktek di lapangan nilai dari TA dapat digunakan untuk memperkirakan jarak antara MS dan BTS. Caranya cukup kalikan nilai TA dengan ½.

Misal: TA =2. Maka jarak antara MS dan BTS kurang lebih = 2 x ½ = 1 Km.



RL Timeout Counter (Cur)
Nilai Timeout di lapangan
RL Timeout Counter (Max)
Nilai Timeout Maximum yang di set dari Network.

Hubungan antara keduanya adalah sbb:
Jika kualitas RF semakin memburuk maka nilai RL Timeout (Cur) akan berkurang. Jika kualitasnya kembali membaik nilainya akan kembali naik. Tapi tidak lebih dari nilai yang ditetapkan (dalam contoh 44)

Saat RF semakin buruk dan semakin buruk, nilainya akan terus berkurang. Setelah mencapai angka 0, maka akan terjadi Call Drop.

Jadi, terjadinya Call Drop karena buruknya kualitas RF bisa diprediksikan. Sehingga sebelum Call Drop terjadi bisa dilakukan Call End, sehingga event Call Drop tidak terekam dalam Log File.


sumber : http://karionotelco.blogspot.com/
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
BASIC KPI DRIVE TEST


Ada 3 parameter dasar yang diperhatikan dalam Drive test
         1.RxLev Sub (dBm)
         2.RxQual Sub
         3.SQI


 
    1.RxLev Sub (dBm)
Merupakan indikator kuat sinyal (signal strength), dalam satuan dBm.
Range nilai mulai dari -10 s.d -120 dBm
 









    2.  RxQual Sub
Merupakan indikator kualitas (Quality) dari sinyal RF yang diterima oleh MS. Range nilainya adalah 0 s.d 7. Bisa juga dinyatakan dalam prosentase, tapi tidak populer digunakan








Nilai RxQual akan memburuk jika RxLev semakin lemah atau karena terjadi interferensi.



    3.SQI (Speech Quality Index)
Merupakan index kualitas suara dari panggilan yang dilakukan. Range nilainya adalah -20 s.d 30.








Nilai SQI berkaitan dengan nilai RxQual Sub. Jika RxQual Sub memburuk maka akan diikuti juga dengan penurunan nilai SQI.


GEJALA YANG TIMBUL DARI HUBUNGAN ANTARA RXLEV, RXQUAL, dan SQI

      1.RxLev Jelek + RxQual Jelek
Kemungkinan karena coverage yang jelek, bad contour, sudah terlalu jauh dari tower. Gejala ini juga akan diikuti dengan memburuknya SQI

      2.RxLev Bagus + RxQual Jelek
Kemungkinan besar terkena interferensi. Jika terlalu parah akan diikuti memburuknya SQI.

TAMPILAN RXLEV, RXQUAL, dan SQI DALAM TEMS

 
Parameter lain yang terkadang perlu diperhatikan adalah:

C/I (dibaca C to I) : Carrier to Interference
Menunjukkan perbandingan antara kuat sinyal serving cell dengan sinyal yang mengganggu (interferer).
Dikatakan baik jika lebih dari 10. Parameter ini berhubungan langsung dengan RxQual.

TA (Timing Advance)
Dalam praktek di lapangan nilai dari TA dapat digunakan untuk memperkirakan jarak antara MS dan BTS. Caranya cukup kalikan nilai TA dengan ½.

Misal: TA =2. Maka jarak antara MS dan BTS kurang lebih = 2 x ½ = 1 Km.



RL Timeout Counter (Cur)
Nilai Timeout di lapangan
RL Timeout Counter (Max)
Nilai Timeout Maximum yang di set dari Network.

Hubungan antara keduanya adalah sbb:
Jika kualitas RF semakin memburuk maka nilai RL Timeout (Cur) akan berkurang. Jika kualitasnya kembali membaik nilainya akan kembali naik. Tapi tidak lebih dari nilai yang ditetapkan (dalam contoh 44)

Saat RF semakin buruk dan semakin buruk, nilainya akan terus berkurang. Setelah mencapai angka 0, maka akan terjadi Call Drop.

Jadi, terjadinya Call Drop karena buruknya kualitas RF bisa diprediksikan. Sehingga sebelum Call Drop terjadi bisa dilakukan Call End, sehingga event Call Drop tidak terekam dalam Log File.


sumber : http://karionotelco.blogspot.com/

Masker Digunakan Terbalik? Hoax!

Masker Digunakan Terbalik? Hoax!



19 Feb 2014 | 21:59



       Usai meletusnya gunung Kelud, beredar informasi tentang cara penggunaan masker. Melalui media sosial seeperti blackberry, facebook dan twitter, beredar gambar dua buah masker. Yang pertama, masker dengan warna biru di luar dan masker dengan warna putih di luar. Di bagian bawah gambar terdapat tulisan dalam bahasa Inggris, yang mengesankan bahwa informasi itu dari sumber terpercaya.

13928191761238844054
Sumber: Gambar yang beredar di media sosial
Sumber gambar: kaskus


Gambar itu disertai dengan keterangan sebagai berikut:
" Ternyata dua sisi di dalam masker itu ada perbedaan fungsi dalam memakainya.Kalau kita lagi sakit (semisal flu) maka sisi putih menempel di muka berfungsi untuk mencegah mikro-organisme keluar dari mulut dan hidung kita yang bisa menyebar ke tubuh orang lain. Sedang kalau untuk mencegah partikel-partikel (seperit debu vulkanik) atau mikro-organisme masuk ke tubuh kita, maka pemakaian masker dibalik. Sisi putih berada di luar dan sisi yang berwarna menempel di muka."

Saya tidak serta-merta mengamini informasi ini. Saya kemudian mencari rujukannya di internet, tapi belum ada sumber terpercaya yang mengkonfirmasi informasi ini. Lalu saya berganti strategi. Saya menggunakan fasilitas google image dengan mengunggah gambar di atas. Hasilnya, saya menemukan bahwa sumber gambar itu berasal dari produsen masker penutup hidung untuk bedah dengan merek 3M. Berikut ini gambar aslinya.

13928196811581155418
Sumber: Masker Bedah
Sumber gambar di sini


Dalam website ini tidak disinggung-singgung sama sekali tentang penggunaan masker secara terbalik. Lalu mengapa ada gambar masker berwarna putih? Ternyata mereka memproduksi 2 jenis masker, yaitu yang berwarna hijau dan berwarna putih. Itu berarti bahwa masker yang berwarna putih itu bukan masker yang dibalik.

1392819912480588396
Sumber: Masker Putih
Sumber gambar: http://solutions.3m.com


Dari temuan ini saya menyimpulkan bahwa gambar yang beredar adalah hoax alias informasi palsu.

Masker yang Benar

Lalu bagaimana cara menggunakan masker yang benar? Perlu diketahui ada dua jenis masker, yaitu masker bedah dan masker pernafasan. Masker yang banyak beredar di masyarakat adalah masker bedah. Masker ini selalu digunakan oleh tenaga medis yang berada di ruang operasi untuk menutup mulut dan hidungnya. Tujuannya supaya mereka tidak menularkan bakteri dan virus kepada pasien yang sedang dioperasi.

Di dalam masker ini terdiri dari  tiga lapisan:

1. Lapisan paling dalam yang berwarna putih. Ini adalah lapisan yang paling nyaman karena bersentuhan dengan kulit wajah kita.

2. Lapisan tengan adalah filter statis.  lapisan ini terbuat dari bahan yang disebut spunbond non woven. Fungsinya adalah untuk menghalangi apabila air liur yang mengandung penyakit menyebar seperti batuk atau bersin.

3. Lapisan luar yang merupakan material khusus mencegah masuknya mikropartikel.

Dengan memperhatikan susunan ini, maka menggunakan masker secara terbalik justru tidak menguntungkan karena wajah kita akan bersentuhan dengan lapisan yang kasar sehingga ada kemungkinan terjadi iritasi. Selain itu, penggunaan secara terbalik juga tidak memiliki pengaruh secara signifikan.

Dalam situasi bencana turunnya abu vulkanik, penggunaan masker bedah sebenarnya tidak dianjurkan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI). Alasannya, air, udara dan debu masih bisa masuk melalui pori-pori. Masker jenis ini harus diganti setiap 4 jam sekali, karena uap air dari pernapasan bisa membuat masker basah dan merusak pori-porinya. Meski demikian, penggunaan masker ini masih lebih baik daripada tidak sama sama sekali asalkan dipasang dengan rapat. Kawat ada bagian hidung dibengkokkan dan tidak ada celah pada pinggir-pinggir masker sehingga memungkinkan masuknya material abu vulkanik dari arah samping.

Masker yang cocok untuk mencegah masuknya abu vulkanik ke dalam pernafasan adalah  N-95 atau N-100. Masker ini menggunakan bahan mirip stereofoam, tebal, memiliki sungkup yang bisa menyaring udara masuk hingga 95 persen. Masker ini  juga dilengkapi kawat yang bisa ditekan di atas hidung, sehingga memperkecil celah udara. Masker jenis ini sifatnya sekali pakai, namun bisa digunakan lebih lama, sekitar 2 hingga 3 hari.

Sayangnya masyarakat tidak senang mengenakannya karena terasa pengap dan harganya 100 kali lebih mahal daripada masker bedah.

1392821243275824861
Sumber: Masker N-95
Sumber gambar sini
Satu buah masker N-95 dibandrol sekitar Rp. 200.000,- Masyarakat awam tentu tidak banyak yang mampu membelinya. Lalu bandingkan dengan harga mobil mewah milik tersangka korupsi Tubagus Wardana, adik Ratu Atut. Satu mobil mewahnya setara dengan 30 ribu lembar masker N-95. Padahal jumlah mobil yang disita KPK telah mencapai 40 buah.
----------

Update:

Seorang teman di Facebook memberi info tambahan:
Arah lipatan masker bedah itu bukan tanpa maksud. Pada posisi warna hijau di luar, arah lipatan adalah ke bawah sehingga tidak membentuk kantong sebagai penampung debu.
Jika masker dibalik (bagian putih di luar) dan bagian kawat berada di atas, maka arah lipatannya juga ikut terbalik. Bagian kantong akan mengarah ke atas. Hal itu justru akan menampung debu. Supaya tidak membentuk kantong, maka bagian kawat berada di bawah. Itu artinya bagian hidung tidak menutup dengan rapat. Jadi pembalikkan masker justru lebih banyak mudharatnya daripada manfaat.
Seorang teman, yang juga dokter, menambahkan cara memakai masker standar adalah: labirin yang licin berada sebagai filter di luar. Arah lipatan ke bawah. Jahitan tali pengikat di sebelah dalam, tali yang keras di bawah.
Masker terbalik photo maskerterbalik.jpg
------------------------------


Karena menteri Indonesia belum merespons soal ini, maka baiklah saya tampilkan menteri Malaysia yang mendemonstrasikan cara memakai masker yang benar. Lucunya, dia memakai bahasa Malnglish (campuran Malayu dan dan English)


sumber : http://m.kompasiana.com/
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :

Masker Digunakan Terbalik? Hoax!



19 Feb 2014 | 21:59



       Usai meletusnya gunung Kelud, beredar informasi tentang cara penggunaan masker. Melalui media sosial seeperti blackberry, facebook dan twitter, beredar gambar dua buah masker. Yang pertama, masker dengan warna biru di luar dan masker dengan warna putih di luar. Di bagian bawah gambar terdapat tulisan dalam bahasa Inggris, yang mengesankan bahwa informasi itu dari sumber terpercaya.

13928191761238844054
Sumber: Gambar yang beredar di media sosial
Sumber gambar: kaskus


Gambar itu disertai dengan keterangan sebagai berikut:
" Ternyata dua sisi di dalam masker itu ada perbedaan fungsi dalam memakainya.Kalau kita lagi sakit (semisal flu) maka sisi putih menempel di muka berfungsi untuk mencegah mikro-organisme keluar dari mulut dan hidung kita yang bisa menyebar ke tubuh orang lain. Sedang kalau untuk mencegah partikel-partikel (seperit debu vulkanik) atau mikro-organisme masuk ke tubuh kita, maka pemakaian masker dibalik. Sisi putih berada di luar dan sisi yang berwarna menempel di muka."

Saya tidak serta-merta mengamini informasi ini. Saya kemudian mencari rujukannya di internet, tapi belum ada sumber terpercaya yang mengkonfirmasi informasi ini. Lalu saya berganti strategi. Saya menggunakan fasilitas google image dengan mengunggah gambar di atas. Hasilnya, saya menemukan bahwa sumber gambar itu berasal dari produsen masker penutup hidung untuk bedah dengan merek 3M. Berikut ini gambar aslinya.

13928196811581155418
Sumber: Masker Bedah
Sumber gambar di sini


Dalam website ini tidak disinggung-singgung sama sekali tentang penggunaan masker secara terbalik. Lalu mengapa ada gambar masker berwarna putih? Ternyata mereka memproduksi 2 jenis masker, yaitu yang berwarna hijau dan berwarna putih. Itu berarti bahwa masker yang berwarna putih itu bukan masker yang dibalik.

1392819912480588396
Sumber: Masker Putih
Sumber gambar: http://solutions.3m.com


Dari temuan ini saya menyimpulkan bahwa gambar yang beredar adalah hoax alias informasi palsu.

Masker yang Benar

Lalu bagaimana cara menggunakan masker yang benar? Perlu diketahui ada dua jenis masker, yaitu masker bedah dan masker pernafasan. Masker yang banyak beredar di masyarakat adalah masker bedah. Masker ini selalu digunakan oleh tenaga medis yang berada di ruang operasi untuk menutup mulut dan hidungnya. Tujuannya supaya mereka tidak menularkan bakteri dan virus kepada pasien yang sedang dioperasi.

Di dalam masker ini terdiri dari  tiga lapisan:

1. Lapisan paling dalam yang berwarna putih. Ini adalah lapisan yang paling nyaman karena bersentuhan dengan kulit wajah kita.

2. Lapisan tengan adalah filter statis.  lapisan ini terbuat dari bahan yang disebut spunbond non woven. Fungsinya adalah untuk menghalangi apabila air liur yang mengandung penyakit menyebar seperti batuk atau bersin.

3. Lapisan luar yang merupakan material khusus mencegah masuknya mikropartikel.

Dengan memperhatikan susunan ini, maka menggunakan masker secara terbalik justru tidak menguntungkan karena wajah kita akan bersentuhan dengan lapisan yang kasar sehingga ada kemungkinan terjadi iritasi. Selain itu, penggunaan secara terbalik juga tidak memiliki pengaruh secara signifikan.

Dalam situasi bencana turunnya abu vulkanik, penggunaan masker bedah sebenarnya tidak dianjurkan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI). Alasannya, air, udara dan debu masih bisa masuk melalui pori-pori. Masker jenis ini harus diganti setiap 4 jam sekali, karena uap air dari pernapasan bisa membuat masker basah dan merusak pori-porinya. Meski demikian, penggunaan masker ini masih lebih baik daripada tidak sama sama sekali asalkan dipasang dengan rapat. Kawat ada bagian hidung dibengkokkan dan tidak ada celah pada pinggir-pinggir masker sehingga memungkinkan masuknya material abu vulkanik dari arah samping.

Masker yang cocok untuk mencegah masuknya abu vulkanik ke dalam pernafasan adalah  N-95 atau N-100. Masker ini menggunakan bahan mirip stereofoam, tebal, memiliki sungkup yang bisa menyaring udara masuk hingga 95 persen. Masker ini  juga dilengkapi kawat yang bisa ditekan di atas hidung, sehingga memperkecil celah udara. Masker jenis ini sifatnya sekali pakai, namun bisa digunakan lebih lama, sekitar 2 hingga 3 hari.

Sayangnya masyarakat tidak senang mengenakannya karena terasa pengap dan harganya 100 kali lebih mahal daripada masker bedah.

1392821243275824861
Sumber: Masker N-95
Sumber gambar sini
Satu buah masker N-95 dibandrol sekitar Rp. 200.000,- Masyarakat awam tentu tidak banyak yang mampu membelinya. Lalu bandingkan dengan harga mobil mewah milik tersangka korupsi Tubagus Wardana, adik Ratu Atut. Satu mobil mewahnya setara dengan 30 ribu lembar masker N-95. Padahal jumlah mobil yang disita KPK telah mencapai 40 buah.
----------

Update:

Seorang teman di Facebook memberi info tambahan:
Arah lipatan masker bedah itu bukan tanpa maksud. Pada posisi warna hijau di luar, arah lipatan adalah ke bawah sehingga tidak membentuk kantong sebagai penampung debu.
Jika masker dibalik (bagian putih di luar) dan bagian kawat berada di atas, maka arah lipatannya juga ikut terbalik. Bagian kantong akan mengarah ke atas. Hal itu justru akan menampung debu. Supaya tidak membentuk kantong, maka bagian kawat berada di bawah. Itu artinya bagian hidung tidak menutup dengan rapat. Jadi pembalikkan masker justru lebih banyak mudharatnya daripada manfaat.
Seorang teman, yang juga dokter, menambahkan cara memakai masker standar adalah: labirin yang licin berada sebagai filter di luar. Arah lipatan ke bawah. Jahitan tali pengikat di sebelah dalam, tali yang keras di bawah.
Masker terbalik photo maskerterbalik.jpg
------------------------------


Karena menteri Indonesia belum merespons soal ini, maka baiklah saya tampilkan menteri Malaysia yang mendemonstrasikan cara memakai masker yang benar. Lucunya, dia memakai bahasa Malnglish (campuran Malayu dan dan English)


sumber : http://m.kompasiana.com/

Tuesday, June 17, 2014

Langkah Atau Cara Menjumper Accu Mobil

Otomotrip.com – Cara jumper accu mobil atau cara memasang kabel jumper aki mobil, jumper aki mobil ketika mesin tidak kuat distarter adalah pekerjaan mudah, mudah bagi yang sudah mengerjakannya, tetapi jadi masalah tersendiri jika kita belum pernah dan tidak tahu bagaimana cara jumper accu mobil.
Mobil mogok atau macet ditengah perjalanan atau mesin tidak kuat distarter setelah parkir, dengan indikasi ketika lampu besar dinyalakan terlihat redup atau suara klakson terdengar lemah atau semua indikator dispido mati.
Ketika aki lemah dan mesin tidak kuat distarter, kita bisa mengatasinya dengan cara jumper aki mobil baik dengan aki lain yang kondisinya bagus atau dengan jumper aki dari mobil lain. Berikut ini adalah gambar cara memasang kabel jumper aki.
Cara jumper accu mobil
Cara Jumper Accu Mobil
1. Siapkan aki mobil yang masih bagus atau jumper dengan mobil lain
2. Siapkan kabel jumper, pilih kabel jumper yang bagus, gunakan kabel jumper yang besar minimal memiliki diameter urat kabelnya kira-kira 10mm, ini untuk menghindari kabel panas akibat arus listrik yang besar saat starter, karena arus listrik saat starter bisa mencapai 120 Amper.
Kabel jumper biasanya terdiri dari dua warna, yaitu kabel hitam dan merah.
3. Dekatkan mobil untuk jumper atau aki lain untuk jumper, pastikan jaraknya cukup dengan panjang kabel jumper.
4. Pasang kabel Catok Merah pada Positif aki dan Catok hitam pada terminal aki negatif pada kedua aki, baik aki untuk jumper atau aki yang dijumper, silakan lihat gambar diatas. Perhatian jangan sampai terbalik positif negatifnya, Positif dengan positif dan negatif dengan negatif.
5. Tunggu beberapa saat sebelum di starter sampai ada setrum pada aki mobil yang dijumper jika setrum aki benar-benar habis, seperti contoh mobil yang kehabisan setrum aki karena lama diam.
6. Setelah mobil hidup, lepaskan kabel jumper satu persatu mulai dari aki yang dijumper, jaga agar kedua kabel tidak saling bersentuhan antara kabel plus dan minusnya.
7. Setelah mesin hidup, lihat panel speedo meter apakah lampu aki terlihat nyala atau mati, kalau lampu aki tidak nyala berarti sistem pengisian aki dari dinamo cas (alternator) berjalan dengan baik.
Tetapi jika saat mesin hidup lampu aki di dashboard masih hidup, artinya sistem charging aki sedang dalam gangguan, dan alternator harus diperbaiki, dalam kondisi seperti ini aki mobil yang sudah dijumper tadi tidak akan terisi setrum dari dinamo cas atau Alternator.
Tips Jika Tidak Ada Kabel Jumper
Dalam kondisi darurat semisal tidak ada kabel jumper, langkah yang bisa dilakukan adalah:
1. Pinjam aki yang masih bagus, dengan ukuran fisik yang sama baik bentuk maupn ukuran kepala akinya (terminal aki).
2. Buka aki mobil yang soak, pasang aki yang dipinjam, kemudian starter mesin sampai mobil hidup.
3. Saat mesin sudah hidup, lepaskan kleman aki negatif dari kepala aki, jika mesin tetap hidup kita bisa lanjutkan dengan melepaskan kleman di terminal positif, kemudian angkat aki dan ganti dengan aki yang kurang setrum tadi agar di charge oleh Alternator.
Perhatian : saat mengganti aki sewaktu mesin hidup pastikan kedua kabel atau klem aki positif dan negatif aman tidak bersentuhan satu sama lain atau jaga agar kleman aki Plus tidak bersentuhan dengan ground atau massa.
Semoga membantu.


sumber : otomotrip.com
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Otomotrip.com – Cara jumper accu mobil atau cara memasang kabel jumper aki mobil, jumper aki mobil ketika mesin tidak kuat distarter adalah pekerjaan mudah, mudah bagi yang sudah mengerjakannya, tetapi jadi masalah tersendiri jika kita belum pernah dan tidak tahu bagaimana cara jumper accu mobil.
Mobil mogok atau macet ditengah perjalanan atau mesin tidak kuat distarter setelah parkir, dengan indikasi ketika lampu besar dinyalakan terlihat redup atau suara klakson terdengar lemah atau semua indikator dispido mati.
Ketika aki lemah dan mesin tidak kuat distarter, kita bisa mengatasinya dengan cara jumper aki mobil baik dengan aki lain yang kondisinya bagus atau dengan jumper aki dari mobil lain. Berikut ini adalah gambar cara memasang kabel jumper aki.
Cara jumper accu mobil
Cara Jumper Accu Mobil
1. Siapkan aki mobil yang masih bagus atau jumper dengan mobil lain
2. Siapkan kabel jumper, pilih kabel jumper yang bagus, gunakan kabel jumper yang besar minimal memiliki diameter urat kabelnya kira-kira 10mm, ini untuk menghindari kabel panas akibat arus listrik yang besar saat starter, karena arus listrik saat starter bisa mencapai 120 Amper.
Kabel jumper biasanya terdiri dari dua warna, yaitu kabel hitam dan merah.
3. Dekatkan mobil untuk jumper atau aki lain untuk jumper, pastikan jaraknya cukup dengan panjang kabel jumper.
4. Pasang kabel Catok Merah pada Positif aki dan Catok hitam pada terminal aki negatif pada kedua aki, baik aki untuk jumper atau aki yang dijumper, silakan lihat gambar diatas. Perhatian jangan sampai terbalik positif negatifnya, Positif dengan positif dan negatif dengan negatif.
5. Tunggu beberapa saat sebelum di starter sampai ada setrum pada aki mobil yang dijumper jika setrum aki benar-benar habis, seperti contoh mobil yang kehabisan setrum aki karena lama diam.
6. Setelah mobil hidup, lepaskan kabel jumper satu persatu mulai dari aki yang dijumper, jaga agar kedua kabel tidak saling bersentuhan antara kabel plus dan minusnya.
7. Setelah mesin hidup, lihat panel speedo meter apakah lampu aki terlihat nyala atau mati, kalau lampu aki tidak nyala berarti sistem pengisian aki dari dinamo cas (alternator) berjalan dengan baik.
Tetapi jika saat mesin hidup lampu aki di dashboard masih hidup, artinya sistem charging aki sedang dalam gangguan, dan alternator harus diperbaiki, dalam kondisi seperti ini aki mobil yang sudah dijumper tadi tidak akan terisi setrum dari dinamo cas atau Alternator.
Tips Jika Tidak Ada Kabel Jumper
Dalam kondisi darurat semisal tidak ada kabel jumper, langkah yang bisa dilakukan adalah:
1. Pinjam aki yang masih bagus, dengan ukuran fisik yang sama baik bentuk maupn ukuran kepala akinya (terminal aki).
2. Buka aki mobil yang soak, pasang aki yang dipinjam, kemudian starter mesin sampai mobil hidup.
3. Saat mesin sudah hidup, lepaskan kleman aki negatif dari kepala aki, jika mesin tetap hidup kita bisa lanjutkan dengan melepaskan kleman di terminal positif, kemudian angkat aki dan ganti dengan aki yang kurang setrum tadi agar di charge oleh Alternator.
Perhatian : saat mengganti aki sewaktu mesin hidup pastikan kedua kabel atau klem aki positif dan negatif aman tidak bersentuhan satu sama lain atau jaga agar kleman aki Plus tidak bersentuhan dengan ground atau massa.
Semoga membantu.


sumber : otomotrip.com

Gambar Letak Nomor Mesin Dan Rangka Avanza | All New Avanza

Otomotrip.com – Gambar letak atau posisi nomor mesin dan nomor rangka mobil Avanza ini untuk Anda yang ingin megetahui dimana letak nomor mesin dan nomer rangka mobil Avanza dan All New Avanza, ketika hendak menggesek nomor nomor tersebut untuk keperluan perijinan.
Posisi nomor mesin atau letak no mesin pada mobil Avanza yang menggunakan kode mesin K3-VE berada di dekat dinamo amper, tepatnya berada di atas pompa air atau water pump. Lihat gambar dibawah ini.
Gambar letak no mesin avanza baik 1,3 atau 1,5 Sedangkan nomer rangka terletak pada chasis sebelah kiri diruang mesin lokasi tepatnya berada di bawah tabung cadangan air radiator, di dekat service valve atau pentil ac tekanan tinggi.
Gambar cara gesek nomor rangka avanza
Sedangkan nomor rangka pada mobil All New Avanza 2012 bisa lihat pada body yang ada di belakang filter udara, nomor rangka posisi menghadap ke bawah dan masih di ruang mesin atau tepatnya berada di tengah-tengah di bawah wiper.

sumber : otomotrip.com
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Otomotrip.com – Gambar letak atau posisi nomor mesin dan nomor rangka mobil Avanza ini untuk Anda yang ingin megetahui dimana letak nomor mesin dan nomer rangka mobil Avanza dan All New Avanza, ketika hendak menggesek nomor nomor tersebut untuk keperluan perijinan.
Posisi nomor mesin atau letak no mesin pada mobil Avanza yang menggunakan kode mesin K3-VE berada di dekat dinamo amper, tepatnya berada di atas pompa air atau water pump. Lihat gambar dibawah ini.
Gambar letak no mesin avanza baik 1,3 atau 1,5 Sedangkan nomer rangka terletak pada chasis sebelah kiri diruang mesin lokasi tepatnya berada di bawah tabung cadangan air radiator, di dekat service valve atau pentil ac tekanan tinggi.
Gambar cara gesek nomor rangka avanza
Sedangkan nomor rangka pada mobil All New Avanza 2012 bisa lihat pada body yang ada di belakang filter udara, nomor rangka posisi menghadap ke bawah dan masih di ruang mesin atau tepatnya berada di tengah-tengah di bawah wiper.

sumber : otomotrip.com

Mengetahui Tanda Tanda Freon AC Mobil Habis

Otomotrip.com - Tanda-Tanda  AC Mobil kehabisan freon atau freon ac mobil habis, kehabisan freon pada ac mobil bisa dideteksi dengan beberapa cara.
Pada sistem ac mobil sudah dilengkapi dengan pengaman yang berupa pressure switch atau saklar yang bekerja berdasarkan tekanan yang biasanya tertanam di saluran pipa tekanan tinggi atau pipa high pressure atau pun tertanam di receiver drier.
Pressure switch yang terdapat pada saluran pipa tekanan tinggi tersebut bekerja pada tekanan tertentu, jika tekanan freon pada saluran pipa tekanan tinggi kurang dari tekanan pressure switch, saklar atau pressure switch tersebut tidak terhubung sehingga kompresor ac tidak bekerja.
Pressure switch pun bermacam-macam pada sistem ac mobil, kita bisa menemukan pressure switch ac mobil ini ada yang yang menggunakan dua kabel ada pula yang menggunakan 4 kabel.
Pressure switch ac mobilSeperti contoh pressure switch di samping, jika freon ac habis atau tidak ada freon pada sistem ac maka saklar tidak terhubung dan relay magnetic clutchtidak bekerja sehingga kompresor ac juga tidak berputar.
Berikut adalah Tanda-tanda freon ac mobil habis atau gejala freon ac mobil habis adalah:
1. Dari uraian di atas sudah jelas tanda freon habis adalah kompresor ac tidak bekerja atau tidak berputar.
2. Ac mobil hanya ada hembusan angin tidak ada terasa dingin akibat kompresor tidak berputar.
3. Ketika ac mobil dari saklar ac dihidupkan selain kompresor tidak berputar, extra fan juga tidak berputar.
Untuk cara mengecek isi freon ac mobil melalui kaca sightglass silakan lihat DISINI.
Semoga membantu.


sumber : otomotrip.com
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Otomotrip.com - Tanda-Tanda  AC Mobil kehabisan freon atau freon ac mobil habis, kehabisan freon pada ac mobil bisa dideteksi dengan beberapa cara.
Pada sistem ac mobil sudah dilengkapi dengan pengaman yang berupa pressure switch atau saklar yang bekerja berdasarkan tekanan yang biasanya tertanam di saluran pipa tekanan tinggi atau pipa high pressure atau pun tertanam di receiver drier.
Pressure switch yang terdapat pada saluran pipa tekanan tinggi tersebut bekerja pada tekanan tertentu, jika tekanan freon pada saluran pipa tekanan tinggi kurang dari tekanan pressure switch, saklar atau pressure switch tersebut tidak terhubung sehingga kompresor ac tidak bekerja.
Pressure switch pun bermacam-macam pada sistem ac mobil, kita bisa menemukan pressure switch ac mobil ini ada yang yang menggunakan dua kabel ada pula yang menggunakan 4 kabel.
Pressure switch ac mobilSeperti contoh pressure switch di samping, jika freon ac habis atau tidak ada freon pada sistem ac maka saklar tidak terhubung dan relay magnetic clutchtidak bekerja sehingga kompresor ac juga tidak berputar.
Berikut adalah Tanda-tanda freon ac mobil habis atau gejala freon ac mobil habis adalah:
1. Dari uraian di atas sudah jelas tanda freon habis adalah kompresor ac tidak bekerja atau tidak berputar.
2. Ac mobil hanya ada hembusan angin tidak ada terasa dingin akibat kompresor tidak berputar.
3. Ketika ac mobil dari saklar ac dihidupkan selain kompresor tidak berputar, extra fan juga tidak berputar.
Untuk cara mengecek isi freon ac mobil melalui kaca sightglass silakan lihat DISINI.
Semoga membantu.


sumber : otomotrip.com

Langkah Menyetel Rem Tangan Mobil Atau Rem Tromol

Otomotrip.com  - Rem tangan mobil atau rem parkir sangat penting terutama jika kita suka parkir atau kebetulan mobil berhenti ditempat yang miring,rem tangan mobil yang kurang pakem akan sangat sangat berbahaya jika kita sedang parkir atau berhenti di kemiringan,diatas gedung atau pun dijalan tanjakan.
Penyetelan terhadap rem tangan mobil atau hand brake atau handrem mobil diperlukan ketika rem tangan sudah terasa terlalu tinggi saat kita menarik tuas rem tangan,sedangkan untuk mobil matic jika pedal rem di kaki kiri sudah terasa terlalu dalam.
rem tangan atau handrem atau hand brakePada tuas rem tangan mobil terdapat gerigi untuk mengunci posisi rem, adanya gigi pada tuas rem ini akan berhubungan dengan jumlah klik yang terdengar ketika kita menarik tuas hand rem.
Untuk jumlah bunyi klik yang aman berada di antara 6 sampai 9 terdengar bunyi klik ketika menarik tuas rem. Di atas sembilan klik, rem tangan akan terasa lebih tinggi dan rawan dengan rem blong atau rem kurang pakem saat parkir.
Berikut cara mudah menyetel rem tangan melalui roda belakang pada mobil atau cara mengencangkan tuas rem tangan mobil, baik itu rem yang hanya menggunakan rem tromol atau pun rem belakang yang dilengkapi cakram.
Menyetel rem tangan mobil juga bertujuan untuk mengetahui ketebalan kampas rem nya atau brake shoe atau pun kita sebut sebagai sepatu rem.
Langkah dan Cara Menyetel Rem Tromol Mobil
Persiapan peralatan yang diperlukan adalah: 
1.Dongkrak untuk mengangkat mobil
2.Kunci Roda atau kunci 21 untuk kebanyakan kendaraan untuk membuka mur roda
3.Kunci 12 shock dan stang rachet atau kunci 12 kombinasi
4.Anti karat untuk mempermudah saat melepas drum brake atau tromol
5.Obeng Minus untuk memutar penyetel sepatu rem atau brake shoe
6.Baut 12 mm sebanyak 2 biji
Langkah Pembongkaran Rem Tromol atau cara membuka rem tromol roda belakang sebelum menyetel kampas rem atau sepatu rem(brake shoe). 
1.Parkir Mobil pada posisi yang rata untuk keamanan dan tambahkan pengganjal roda dan tarik rem tangan
2.Kendorkan mur roda belakang secukupnya sebelum mengangkat mobil
3.Dongkrak mobil sampai roda tidak menyentuh tanah,tidak perlu terlalu tinggi jarak dengan tanah.
4.Buka mur roda yang sudah di kendorkan
5.Buka Roda belakang.
Cara membuka drum brake atau cara membongkar tromol rem belakang mobilCara membuka tromol mobil
1.Setelah roda terbuka, masuk ke kabin untuk membebaskan atau menurunkan rem tangan
2.Setelah rem tangan diturunkan,putar drum brake atau tromol,kalau drum brake bisa digoyangkan dan ditarik keluar dengan mudah, maka lewati langkah cara membuka drum brake ini.
3.Semprotkan cairan Anti karat melewati celah sedikit yang ada di mur roda dan hub roda karena biasanya karat akan terlihat antara drum brake atau tromol dengan hub roda.
4.Tunggu 2 atau 3 menit agar cairan anti karat meresap antara celah hub roda dengan tromol
5.Masukan baut 12 mm ke lubang berulir ukuran 12 mm (lihat gambar di atas), putar baut 12 searah jarum jam kunci 12,bisa menggunakan kunci shock atau kunci 12 kombinasi sehingga drum brake tertarik keluar.
Catatan : Cara membuka tromol ini rem ini, posisi rem tangan harus turun, kalau tidak plat di belakang brake shoe(sepatu rem/kampas rem) bisa bengkok karena tertarik oleh sepatu rem yang menekan keras ke tromol saat drum brake ditarik keluar oleh baut 12.
6.Lepaskan drum brake dan buka kembali baut 12 yang di pakai untuk mengeluarkan atau menarik tromol (drum brake).
Menyetel rem tangan mobil dengan melebarkan jarak atau diameter sepatu rem (brake shoe)
Cara menyetel rem tromol atau rem tangan
1.Sebelum menyetel brake shoe,periksa ketebalan dari kampas rem nya, jika kurang dari 1 atau 2 mm lebih baik ganti kampas rem nya.
2.Ambil obeng minus putar ke arah atas gigi penyetel (lihat gambar di atas) biasanya akan terdengar bunyi klik saat diputar, hitung kira kira 5 sampai 10 klik. Saat diputar penyetel sepatu rem akan mengembang.
3.Kemudian masukan drum brake dan pastikan drum brake bisa masuk dengan mudah, kalau tidak bisa masuk berarti kampas rem terlalu keluar atau putaran penyetelan pada langkah ke 2 diatas terlalu banyak. Kurangi beberapa klik putaran gigi penyetel dengan memutar ke arah sebaliknya atau putar ke arah bawah.
4. Masukan lagi drum brake dan harus bisa berputar dengan mudah, karena jika tidak bisa berputar dengan mudah atau penyetelan kampas rem terlalu keluar, terkadang akan menimbulkan bunyi dug dug dari roda belakang saat mobil mundur.
5. Pasang kembali roda dengan benar dan kencangkan mur roda,
6. Masuk kabin dan cek berapa klik bunyi rem tangan saat ditarik tuas rem tangan , dan biasanya akan berada di angka 6 sampai 7 klik setelah penyetelan rem belakang.
Cara Menyetel Rem Tromol Belakang Yang Menggunakan Cakram
Penyetelam tromol pada rem cakram belakang Alphard 2004
Rem Cakram Belakang Alphard 2004
Untuk menyetel rem tromol atau menyetel tromol pada mobil yang menggunakan rem cakram belakang bisa dilakukan tanpa perlu membuka tromol atau disc-nya, karena biasanya sudah dilengkapi dengan lubang untuk penyetelan rem,seperti terlihat pada gambar di atas atau dibawah.
Bebaskan hand rem kemudian posisikan lubang yang ditutup dengan karet seperti gambar diatas,lepas karet penutup kemudian lihat menggunakan lampu senter untuk melihat posisi gear penyetelan tromol. Kemudian gunakan obeng minus untuk memutar gear seperti penyetelan tromol pada gambar urutan 3 diatas.
Putar penyetel tromol menggunakan obeng minus hingga tromol tidak bisa bergerak atau terkunci,kemudian balikkan arah putaran gear penyetel satu atau dua klik hingga tromol bisa berputar.
Menyetel rem tangan mobil toyota Limo
Rem Cakram Belakang Mobil Limo
Coba sekarang tarik handrem atau pedal rem kaki kiri untuk mobil matic dan rasakan bedanya, yang semula handrem terasa terlalu tinggi tidak akan terasa lagi dan handrem lebih pakem atau rem parkir mobil matik akan lebih pakem.
Terakhir jangan lupa juga lakukan prosedur atau cara yang sama untuk stel rem tangan mobil atau rem parkir pada roda belakang satunya,jangan lupa juga posisikan dongkrak mobil dengan benar dan aman.
Semoga bermanfaat.
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Otomotrip.com  - Rem tangan mobil atau rem parkir sangat penting terutama jika kita suka parkir atau kebetulan mobil berhenti ditempat yang miring,rem tangan mobil yang kurang pakem akan sangat sangat berbahaya jika kita sedang parkir atau berhenti di kemiringan,diatas gedung atau pun dijalan tanjakan.
Penyetelan terhadap rem tangan mobil atau hand brake atau handrem mobil diperlukan ketika rem tangan sudah terasa terlalu tinggi saat kita menarik tuas rem tangan,sedangkan untuk mobil matic jika pedal rem di kaki kiri sudah terasa terlalu dalam.
rem tangan atau handrem atau hand brakePada tuas rem tangan mobil terdapat gerigi untuk mengunci posisi rem, adanya gigi pada tuas rem ini akan berhubungan dengan jumlah klik yang terdengar ketika kita menarik tuas hand rem.
Untuk jumlah bunyi klik yang aman berada di antara 6 sampai 9 terdengar bunyi klik ketika menarik tuas rem. Di atas sembilan klik, rem tangan akan terasa lebih tinggi dan rawan dengan rem blong atau rem kurang pakem saat parkir.
Berikut cara mudah menyetel rem tangan melalui roda belakang pada mobil atau cara mengencangkan tuas rem tangan mobil, baik itu rem yang hanya menggunakan rem tromol atau pun rem belakang yang dilengkapi cakram.
Menyetel rem tangan mobil juga bertujuan untuk mengetahui ketebalan kampas rem nya atau brake shoe atau pun kita sebut sebagai sepatu rem.
Langkah dan Cara Menyetel Rem Tromol Mobil
Persiapan peralatan yang diperlukan adalah: 
1.Dongkrak untuk mengangkat mobil
2.Kunci Roda atau kunci 21 untuk kebanyakan kendaraan untuk membuka mur roda
3.Kunci 12 shock dan stang rachet atau kunci 12 kombinasi
4.Anti karat untuk mempermudah saat melepas drum brake atau tromol
5.Obeng Minus untuk memutar penyetel sepatu rem atau brake shoe
6.Baut 12 mm sebanyak 2 biji
Langkah Pembongkaran Rem Tromol atau cara membuka rem tromol roda belakang sebelum menyetel kampas rem atau sepatu rem(brake shoe). 
1.Parkir Mobil pada posisi yang rata untuk keamanan dan tambahkan pengganjal roda dan tarik rem tangan
2.Kendorkan mur roda belakang secukupnya sebelum mengangkat mobil
3.Dongkrak mobil sampai roda tidak menyentuh tanah,tidak perlu terlalu tinggi jarak dengan tanah.
4.Buka mur roda yang sudah di kendorkan
5.Buka Roda belakang.
Cara membuka drum brake atau cara membongkar tromol rem belakang mobilCara membuka tromol mobil
1.Setelah roda terbuka, masuk ke kabin untuk membebaskan atau menurunkan rem tangan
2.Setelah rem tangan diturunkan,putar drum brake atau tromol,kalau drum brake bisa digoyangkan dan ditarik keluar dengan mudah, maka lewati langkah cara membuka drum brake ini.
3.Semprotkan cairan Anti karat melewati celah sedikit yang ada di mur roda dan hub roda karena biasanya karat akan terlihat antara drum brake atau tromol dengan hub roda.
4.Tunggu 2 atau 3 menit agar cairan anti karat meresap antara celah hub roda dengan tromol
5.Masukan baut 12 mm ke lubang berulir ukuran 12 mm (lihat gambar di atas), putar baut 12 searah jarum jam kunci 12,bisa menggunakan kunci shock atau kunci 12 kombinasi sehingga drum brake tertarik keluar.
Catatan : Cara membuka tromol ini rem ini, posisi rem tangan harus turun, kalau tidak plat di belakang brake shoe(sepatu rem/kampas rem) bisa bengkok karena tertarik oleh sepatu rem yang menekan keras ke tromol saat drum brake ditarik keluar oleh baut 12.
6.Lepaskan drum brake dan buka kembali baut 12 yang di pakai untuk mengeluarkan atau menarik tromol (drum brake).
Menyetel rem tangan mobil dengan melebarkan jarak atau diameter sepatu rem (brake shoe)
Cara menyetel rem tromol atau rem tangan
1.Sebelum menyetel brake shoe,periksa ketebalan dari kampas rem nya, jika kurang dari 1 atau 2 mm lebih baik ganti kampas rem nya.
2.Ambil obeng minus putar ke arah atas gigi penyetel (lihat gambar di atas) biasanya akan terdengar bunyi klik saat diputar, hitung kira kira 5 sampai 10 klik. Saat diputar penyetel sepatu rem akan mengembang.
3.Kemudian masukan drum brake dan pastikan drum brake bisa masuk dengan mudah, kalau tidak bisa masuk berarti kampas rem terlalu keluar atau putaran penyetelan pada langkah ke 2 diatas terlalu banyak. Kurangi beberapa klik putaran gigi penyetel dengan memutar ke arah sebaliknya atau putar ke arah bawah.
4. Masukan lagi drum brake dan harus bisa berputar dengan mudah, karena jika tidak bisa berputar dengan mudah atau penyetelan kampas rem terlalu keluar, terkadang akan menimbulkan bunyi dug dug dari roda belakang saat mobil mundur.
5. Pasang kembali roda dengan benar dan kencangkan mur roda,
6. Masuk kabin dan cek berapa klik bunyi rem tangan saat ditarik tuas rem tangan , dan biasanya akan berada di angka 6 sampai 7 klik setelah penyetelan rem belakang.
Cara Menyetel Rem Tromol Belakang Yang Menggunakan Cakram
Penyetelam tromol pada rem cakram belakang Alphard 2004
Rem Cakram Belakang Alphard 2004
Untuk menyetel rem tromol atau menyetel tromol pada mobil yang menggunakan rem cakram belakang bisa dilakukan tanpa perlu membuka tromol atau disc-nya, karena biasanya sudah dilengkapi dengan lubang untuk penyetelan rem,seperti terlihat pada gambar di atas atau dibawah.
Bebaskan hand rem kemudian posisikan lubang yang ditutup dengan karet seperti gambar diatas,lepas karet penutup kemudian lihat menggunakan lampu senter untuk melihat posisi gear penyetelan tromol. Kemudian gunakan obeng minus untuk memutar gear seperti penyetelan tromol pada gambar urutan 3 diatas.
Putar penyetel tromol menggunakan obeng minus hingga tromol tidak bisa bergerak atau terkunci,kemudian balikkan arah putaran gear penyetel satu atau dua klik hingga tromol bisa berputar.
Menyetel rem tangan mobil toyota Limo
Rem Cakram Belakang Mobil Limo
Coba sekarang tarik handrem atau pedal rem kaki kiri untuk mobil matic dan rasakan bedanya, yang semula handrem terasa terlalu tinggi tidak akan terasa lagi dan handrem lebih pakem atau rem parkir mobil matik akan lebih pakem.
Terakhir jangan lupa juga lakukan prosedur atau cara yang sama untuk stel rem tangan mobil atau rem parkir pada roda belakang satunya,jangan lupa juga posisikan dongkrak mobil dengan benar dan aman.
Semoga bermanfaat.

Monday, June 16, 2014

Unguided Transmission Media

Unguided transmission media atau media transmisi tidak terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem gelombang.

Gelombang mikro[sunting | sunting sumber]

Gelombang mikro (microwave) merupakan bentuk gelombang radio yang beroperasi pada frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), yang meliputi kawasan UHF, SHF dan EHF. Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN, warnet dan penyedia layanan internet (ISP).
Keuntungan menggunakan gelombang mikro adalah akuisisi antar menara tidak begitu dibutuhkan, dapat membawa jumlah data yang besar, biaya murah karena setiap tower antena tidak memerlukan lahan yang luas, frekuensi tinggi atau gelombang pendek karena hanya membutuhkan antena yang kecil.
Kelemahan gelombang mikro adalah rentan terhadap cuaca seperti hujan dan mudah terpengaruh pesawat terbang yang melintas di atasnya.

Satelit[sunting | sunting sumber]

Satelit adalah media transmisi yang fungsi utamanya menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain. Satelit yang mengorbit pada ketinggian 36.000 km di atas bumi memiliki angular orbital velocity yang sama dengan orbital velocity bumi. Hal ini menyebabkan posisi satelit akan relatif stasioner terhadap bumi (geostationary), apabila satelit tersebut mengorbit di atas khatulistiwa. Pada prinsipnya, dengan menempatkan tiga buah satelit geostationary pada posisi yang tepat dapat menjangkau seluruh permukaan bumi.
Keuntungan satelit adalah lebih murah dibandingkan dengan menggelar kabel antar benua, dapat menjangkau permukaan bumi yang luas, termasuk daerah terpencil dengan populasi rendah, meningkatnya trafik telekomunikasi antar benua membuat sistem satelit cukup menarik secara komersial.
Kekurangannya satelit adalah keterbatasan teknologi untuk penggunaan antena satelit dengan ukuran yang besar, biaya investasi dan asuransi satelit yang masih mahal, atmospheric losses yang besar untuk frekuensi di atas 30 GHz membatasi penggunaan frequency carrier.
Adalah jenis dari microwave yang menggunakan satellite untuk mengirimkan sinyal ke transmitter atau parabola. Satellite microwave mengirimkan sinyal secara menyeluruh ke setiap transmitter.

Inframerah[sunting | sunting sumber]

Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat, dengan kecepatan 4 Mbps. Dalam penggunaannya untuk pengendalian jarak jauh, misalnya remote control pada televisi serta alat elektronik lainnya. Keuntungan inframerah adalah kebal terhadap interferensi radio dan elekromagnetik, inframerah mudah dibuat dan murah, instalasi mudah, mudah dipindah-pindah, keamanan lebih tinggi daripada gelombang radio. Kelemahan inframerah adalah jarak terbatas, tidak dapat menembus dinding, harus ada lintasan lurus dari pengirim dan penerima, tidak dapat digunakan di luar ruangan karena akan terganggu oleh cahaya matahari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Grant, August E. & Meadows, Jennifer H. (2008). Communication Technology Update and Fundamental. (ed. 06). Boston: Focal Press. Page 46.
  • Straubhaar, Joseph & LaRose, Robert. (2004). Media Now: Communications Media in the Information Age. Belmont, CA: Wadsworth. Page 30-63.
  • Alaydrus, Mudrik (2009). Saluran Transmisi Telekomunikasi. Jogjakarta: Graha Ilmu.Unguided transmission media atau media transmisi tidak terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem gelombang.

    Gelombang mikro[sunting | sunting sumber]

    Gelombang mikro (microwave) merupakan bentuk gelombang radio yang beroperasi pada frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), yang meliputi kawasan UHF, SHF dan EHF. Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN, warnet dan penyedia layanan internet (ISP).
    Keuntungan menggunakan gelombang mikro adalah akuisisi antar menara tidak begitu dibutuhkan, dapat membawa jumlah data yang besar, biaya murah karena setiap tower antena tidak memerlukan lahan yang luas, frekuensi tinggi atau gelombang pendek karena hanya membutuhkan antena yang kecil.
    Kelemahan gelombang mikro adalah rentan terhadap cuaca seperti hujan dan mudah terpengaruh pesawat terbang yang melintas di atasnya.

    Satelit[sunting | sunting sumber]

    Satelit adalah media transmisi yang fungsi utamanya menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain. Satelit yang mengorbit pada ketinggian 36.000 km di atas bumi memiliki angular orbital velocity yang sama dengan orbital velocity bumi. Hal ini menyebabkan posisi satelit akan relatif stasioner terhadap bumi (geostationary), apabila satelit tersebut mengorbit di atas khatulistiwa. Pada prinsipnya, dengan menempatkan tiga buah satelit geostationary pada posisi yang tepat dapat menjangkau seluruh permukaan bumi.
    Keuntungan satelit adalah lebih murah dibandingkan dengan menggelar kabel antar benua, dapat menjangkau permukaan bumi yang luas, termasuk daerah terpencil dengan populasi rendah, meningkatnya trafik telekomunikasi antar benua membuat sistem satelit cukup menarik secara komersial.
    Kekurangannya satelit adalah keterbatasan teknologi untuk penggunaan antena satelit dengan ukuran yang besar, biaya investasi dan asuransi satelit yang masih mahal, atmospheric losses yang besar untuk frekuensi di atas 30 GHz membatasi penggunaan frequency carrier.
    Adalah jenis dari microwave yang menggunakan satellite untuk mengirimkan sinyal ke transmitter atau parabola. Satellite microwave mengirimkan sinyal secara menyeluruh ke setiap transmitter.

    Inframerah[sunting | sunting sumber]

    Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat, dengan kecepatan 4 Mbps. Dalam penggunaannya untuk pengendalian jarak jauh, misalnya remote control pada televisi serta alat elektronik lainnya. Keuntungan inframerah adalah kebal terhadap interferensi radio dan elekromagnetik, inframerah mudah dibuat dan murah, instalasi mudah, mudah dipindah-pindah, keamanan lebih tinggi daripada gelombang radio. Kelemahan inframerah adalah jarak terbatas, tidak dapat menembus dinding, harus ada lintasan lurus dari pengirim dan penerima, tidak dapat digunakan di luar ruangan karena akan terganggu oleh cahaya matahari.

    Referensi[sunting | sunting sumber]

    • Grant, August E. & Meadows, Jennifer H. (2008). Communication Technology Update and Fundamental. (ed. 06). Boston: Focal Press. Page 46.
    • Straubhaar, Joseph & LaRose, Robert. (2004). Media Now: Communications Media in the Information Age. Belmont, CA: Wadsworth. Page 30-63.
    • Alaydrus, Mudrik (2009). Saluran Transmisi Telekomunikasi. Jogjakarta: Graha Ilmu.
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Unguided transmission media atau media transmisi tidak terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem gelombang.

Gelombang mikro[sunting | sunting sumber]

Gelombang mikro (microwave) merupakan bentuk gelombang radio yang beroperasi pada frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), yang meliputi kawasan UHF, SHF dan EHF. Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN, warnet dan penyedia layanan internet (ISP).
Keuntungan menggunakan gelombang mikro adalah akuisisi antar menara tidak begitu dibutuhkan, dapat membawa jumlah data yang besar, biaya murah karena setiap tower antena tidak memerlukan lahan yang luas, frekuensi tinggi atau gelombang pendek karena hanya membutuhkan antena yang kecil.
Kelemahan gelombang mikro adalah rentan terhadap cuaca seperti hujan dan mudah terpengaruh pesawat terbang yang melintas di atasnya.

Satelit[sunting | sunting sumber]

Satelit adalah media transmisi yang fungsi utamanya menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain. Satelit yang mengorbit pada ketinggian 36.000 km di atas bumi memiliki angular orbital velocity yang sama dengan orbital velocity bumi. Hal ini menyebabkan posisi satelit akan relatif stasioner terhadap bumi (geostationary), apabila satelit tersebut mengorbit di atas khatulistiwa. Pada prinsipnya, dengan menempatkan tiga buah satelit geostationary pada posisi yang tepat dapat menjangkau seluruh permukaan bumi.
Keuntungan satelit adalah lebih murah dibandingkan dengan menggelar kabel antar benua, dapat menjangkau permukaan bumi yang luas, termasuk daerah terpencil dengan populasi rendah, meningkatnya trafik telekomunikasi antar benua membuat sistem satelit cukup menarik secara komersial.
Kekurangannya satelit adalah keterbatasan teknologi untuk penggunaan antena satelit dengan ukuran yang besar, biaya investasi dan asuransi satelit yang masih mahal, atmospheric losses yang besar untuk frekuensi di atas 30 GHz membatasi penggunaan frequency carrier.
Adalah jenis dari microwave yang menggunakan satellite untuk mengirimkan sinyal ke transmitter atau parabola. Satellite microwave mengirimkan sinyal secara menyeluruh ke setiap transmitter.

Inframerah[sunting | sunting sumber]

Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat, dengan kecepatan 4 Mbps. Dalam penggunaannya untuk pengendalian jarak jauh, misalnya remote control pada televisi serta alat elektronik lainnya. Keuntungan inframerah adalah kebal terhadap interferensi radio dan elekromagnetik, inframerah mudah dibuat dan murah, instalasi mudah, mudah dipindah-pindah, keamanan lebih tinggi daripada gelombang radio. Kelemahan inframerah adalah jarak terbatas, tidak dapat menembus dinding, harus ada lintasan lurus dari pengirim dan penerima, tidak dapat digunakan di luar ruangan karena akan terganggu oleh cahaya matahari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Grant, August E. & Meadows, Jennifer H. (2008). Communication Technology Update and Fundamental. (ed. 06). Boston: Focal Press. Page 46.
  • Straubhaar, Joseph & LaRose, Robert. (2004). Media Now: Communications Media in the Information Age. Belmont, CA: Wadsworth. Page 30-63.
  • Alaydrus, Mudrik (2009). Saluran Transmisi Telekomunikasi. Jogjakarta: Graha Ilmu.Unguided transmission media atau media transmisi tidak terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem gelombang.

    Gelombang mikro[sunting | sunting sumber]

    Gelombang mikro (microwave) merupakan bentuk gelombang radio yang beroperasi pada frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), yang meliputi kawasan UHF, SHF dan EHF. Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN, warnet dan penyedia layanan internet (ISP).
    Keuntungan menggunakan gelombang mikro adalah akuisisi antar menara tidak begitu dibutuhkan, dapat membawa jumlah data yang besar, biaya murah karena setiap tower antena tidak memerlukan lahan yang luas, frekuensi tinggi atau gelombang pendek karena hanya membutuhkan antena yang kecil.
    Kelemahan gelombang mikro adalah rentan terhadap cuaca seperti hujan dan mudah terpengaruh pesawat terbang yang melintas di atasnya.

    Satelit[sunting | sunting sumber]

    Satelit adalah media transmisi yang fungsi utamanya menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain. Satelit yang mengorbit pada ketinggian 36.000 km di atas bumi memiliki angular orbital velocity yang sama dengan orbital velocity bumi. Hal ini menyebabkan posisi satelit akan relatif stasioner terhadap bumi (geostationary), apabila satelit tersebut mengorbit di atas khatulistiwa. Pada prinsipnya, dengan menempatkan tiga buah satelit geostationary pada posisi yang tepat dapat menjangkau seluruh permukaan bumi.
    Keuntungan satelit adalah lebih murah dibandingkan dengan menggelar kabel antar benua, dapat menjangkau permukaan bumi yang luas, termasuk daerah terpencil dengan populasi rendah, meningkatnya trafik telekomunikasi antar benua membuat sistem satelit cukup menarik secara komersial.
    Kekurangannya satelit adalah keterbatasan teknologi untuk penggunaan antena satelit dengan ukuran yang besar, biaya investasi dan asuransi satelit yang masih mahal, atmospheric losses yang besar untuk frekuensi di atas 30 GHz membatasi penggunaan frequency carrier.
    Adalah jenis dari microwave yang menggunakan satellite untuk mengirimkan sinyal ke transmitter atau parabola. Satellite microwave mengirimkan sinyal secara menyeluruh ke setiap transmitter.

    Inframerah[sunting | sunting sumber]

    Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat, dengan kecepatan 4 Mbps. Dalam penggunaannya untuk pengendalian jarak jauh, misalnya remote control pada televisi serta alat elektronik lainnya. Keuntungan inframerah adalah kebal terhadap interferensi radio dan elekromagnetik, inframerah mudah dibuat dan murah, instalasi mudah, mudah dipindah-pindah, keamanan lebih tinggi daripada gelombang radio. Kelemahan inframerah adalah jarak terbatas, tidak dapat menembus dinding, harus ada lintasan lurus dari pengirim dan penerima, tidak dapat digunakan di luar ruangan karena akan terganggu oleh cahaya matahari.

    Referensi[sunting | sunting sumber]

    • Grant, August E. & Meadows, Jennifer H. (2008). Communication Technology Update and Fundamental. (ed. 06). Boston: Focal Press. Page 46.
    • Straubhaar, Joseph & LaRose, Robert. (2004). Media Now: Communications Media in the Information Age. Belmont, CA: Wadsworth. Page 30-63.
    • Alaydrus, Mudrik (2009). Saluran Transmisi Telekomunikasi. Jogjakarta: Graha Ilmu.