Mengenal perangkat Base Tranciever Station / BTS

Mulai mengenal macam-macam merk vendor perangkat BTS, dan seluk beluk kompenen perangkat BTS.

Troubleshooting perangkat BTS, Power Supply, maupun Transmisi

Mengenal berbagai macam troubleshoot, baik disisi BTS maupun Transmisi (SDH / PDH), dan pencatu daya penyuplai BTS

Android, Sistem operasi berbasis Open Source

Sistem operasi yang menyajikan ribuan content aplikasi tak berbayar. Berbasis Open Source, developer aplikasi bebas mengekspresikan imajinasi aplikasinya dengan mengcompile coding pack mereka

Kilas robotik

Mengenal bagaimana suatu microcontroller dapat mengeksekusi suatu sintaks, dengan bahasa pemrograman, serta kompenen pembangun robot

Kilas Pemrograman Berbasis OOP

Bahasa pemrograman berbasis OOP ( Oriented Object Programming ) yang beragam, serta mengenal bagaimana suatu aplikasi dibangun dengan membuat algoritma dan flowchart yang baik

Friday, February 28, 2014

SPACE DIVERSITY

Bagi perencana sistem komunikasi radio, pengaruh kondisi lingkungan di sekitar lintasan radio terhadap kualitas penerimaan sinyal merupakan pertimbangan utama dalam desain. Sebagai contoh, pada komunikasi ponsel di lingkungan dengan gedung-gedung tinggi seperti yang banyak dijumpai di pusat kota besar, gelombang radio dari base station bisa merambat sampai ke ponsel melalui berbagai lintasan. Salah satu dari lintasan tersebut, umpamanya, berupa garis lurus fiktif yang menghubungkan langsung antena pemancar dan penerima. Besarnya energi yang sampai ke penerima melalui lintasan langsung ini bergantung pada jarak antara pemancar dan penerima, serta ada-tidaknya benda penghalang seperti gunung, gedung, atau obyek lainnya di antara kedua pihak. Makin jauh jarak antara kedua pihak, apalagi jika pandangan langsung antara keduanya terhalang oleh suatu obyek, makin kecil pula energi yang tersisa yang sampai pada penerima melalui lintasan langsung ini. Namun masih terdapat lintasan-lintasan perambatan lainnya, seperti lintasan yang disebabkan oleh proses pemantulan atau hamburan oleh permukaan tanah maupun dinding-dinding gedung, serta proses difraksi di mana arah lintasan gelombang radio seolah menikung pada sudut gedung.
Gelombang-gelombang yang merambat melalui berbagai lintasan ini akan terdeteksi bersama-sama sebagai satu sinyal oleh penerima. Apabila gelombang-gelombang yang datang ini memiliki fase yang sama, maka akan dideteksi daya sinyal yang besar hasil jumlahan daya setiap komponen sinyal yang datang. Namun, sering pula terjadi bahwa daya sinyal yang diterima menjadi sangat kecil karena sinyal-sinyal yang datang memiliki fase yang berbeda atau bahkan berlawanan sama sekali. Fenomena variasi daya karena penjumlahan sinyal ini biasa disebut multipath fading. Pada sistem ponsel, di mana perangkat pemancar dan penerima bergerak bersama si pelanggan yang membawanya, daya sinyal yang diterima akan berfluktuasi dengan penurunan daya yang bisa melebihi ambang batas yang ditoleransi oleh perangkat penerima.
Untunglah bahwa jika pada penerima digunakan dua antena atau lebih dengan jarak spasi yang cukup berjauhan, space diversity, maka fenomena multipath fading ini dapat diantisipasi. Teknik ini bekerja berdasarkan anggapan bahwa pada dua antena yang berbeda dan terpisah oleh spasi yang cukup besar, fading yang terjadi tidak berkorelasi. Artinya, jika salah satu antena mengalami pelemahan sinyal karena multipath fading, maka antena yang lain belum tentu mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, semakin banyak antena yang digunakan, semakin efektif pula sistem ini bekerja melawan fading. Suatu unit penggabung (combiner) kemudian bertugas menggabungkan sinyal dari berbagai antena tersebut dengan kriteria tertentu.
Beberapa teknik penggabungan yang sederhana biasanya hanya akan memilih sinyal dengan daya tertinggi, biasa disebut penggabung selektif (selective combiner), atau menjumlahkan sinyal dari semua antena dengan sama rata, biasa disebut penggabung berbobot sama (equal gain combiner). Namun, penggabung yang optimal bekerja dengan prinsip yang lebih canggih: sebelum dijumlahkan, sinyal dari antena dengan daya atau S/N yang besar dikalikan dengan faktor pengali yang besar, sebaliknya sinyal yang lemah atau S/N kecil dikalikan dengan faktor yang kecil pula, suatu teknik yang disebut maximal-ratio combining. Dengan demikian, diterapkan konsep bahwa sinyal yang terkumpul dari semua cabang antena akan seluruhnya dimanfaatkan, namun sinyal dengan kualitas yang lebih baik akan diberi pembobot yang lebih besar, demikian pula sebaliknya. Tujuan akhirnya adalah untuk memperoleh sinyal keluaran dengan rasio S/N yang maksimal.
Melawan fading bukanlah satu-satunya hal yang bisa dikerjakan oleh sistem penerima yang memiliki lebih dari satu antena. Sistem yang tersusun dari sejumlah antena ini, atau yang biasa disebut sebagai antena larik atau array, bisa pula digunakan untuk menekan interferensi dari pemancar yang tidak dikehendaki yang beroperasi pada frekuensi yang sama, seperti yang lumrah terjadi pada sistem telepon bergerak seluler terutama yang berbasis CDMA. Malahan sistem array seperti ini, jika dilengkapi dengan kemampuan beradaptasi, akan mampu dengan pintar mencari, memilih, dan mengikuti pemancar yang dia inginkan, serta menekan sinyal-sinyal dari pemancar lain yang tidak diinginkan. Sistem antena cerdas (smart antenna) seperti ini bisa terwujud jika keluaran dari setiap terminal antena larik pada base station dibaca secara periodik dan diolah oleh sebuah unit pengolah sinyal, sedemikian hingga array selalu bisa mengatur pola radiasi dengan sorotan maksimum ditujukan ke lokasi pelanggan yang diinginkan dan minimum ditujukan ke pelanggan-pelanggan lainnya. Jika teknik begini digabungkan dengan sistem akses CDMA-di mana setiap ponsel yang dilayani oleh base station yang sama memang menggunakan pita frekuensi yang sama sehingga base station akan menerima sinyal yang tumpang tindih dari para pelanggan-maka akan diperoleh kombinasi teknik akses yang disebut CDMA/SDMA (yang terakhir ini kepanjangan dari space division multiple access). Akibatnya sudah jelas, jumlah ponsel yang bisa terlayani oleh sebuah base station yang mencakup area sel yang sama akan meningkat tajam, bahkan menurut prediksi untuk kondisi ideal bisa mencapai lebih dari dua kali lipat.
Elemen kecerdasan yang dimiliki sebuah antena array tidak muncul dengan sendirinya, namun dikendalikan oleh sebuah unit pengolah sinyal yang menerima dan mengolah sinyal dari semua antena yang menjadi elemen array sedemikian hingga diperoleh satu sinyal keluaran dengan kondisi yang diinginkan. Unit ini melaksanakan pengolahan sinyal dalam dua dimensi, yaitu dimensi ruang dan dimensi waktu. Pemanfaatan dimensi ruang diwujudkan dengan menggunakan sinyal-sinyal yang diterima oleh sejumlah antena untuk menekan interferensi antarpemancar yang berbeda. Sementara dalam dimensi waktu, sederetan simbol yang diterima secara beruntun dapat dimanfaatkan dalam proses penekanan interferensi antarsimbol yang berurutan.
Nantinya, dengan kemajuan pesat di bidang teknologi chip kecepatan tinggi yang programmable, perangkat pemancar atau penerima dengan kemampuan seperti ini dapat dikonfigurasi atau malah diprogram ulang dengan cepat dan mudah, mulai dari tahap awal berupa digitasi dan pengodean sinyal informasi, sampai pada sistem antenanya, cukup dengan memprogram rantai pengolahan sinyalnya dalam sebuah chip. Ini yang kelak akan menuju terwujudnya teknologi radio berbasis perangkat lunak, atau yang lazim disebut sebagai software radio. Perkembangan menuju teknologi radio perangkat lunak ini termasuk salah satu faktor yang memicu dan memacu perkembangan teknologi perangkat komunikasi nirkabel, lengkap dengan sistem antena cerdasnya.
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Bagi perencana sistem komunikasi radio, pengaruh kondisi lingkungan di sekitar lintasan radio terhadap kualitas penerimaan sinyal merupakan pertimbangan utama dalam desain. Sebagai contoh, pada komunikasi ponsel di lingkungan dengan gedung-gedung tinggi seperti yang banyak dijumpai di pusat kota besar, gelombang radio dari base station bisa merambat sampai ke ponsel melalui berbagai lintasan. Salah satu dari lintasan tersebut, umpamanya, berupa garis lurus fiktif yang menghubungkan langsung antena pemancar dan penerima. Besarnya energi yang sampai ke penerima melalui lintasan langsung ini bergantung pada jarak antara pemancar dan penerima, serta ada-tidaknya benda penghalang seperti gunung, gedung, atau obyek lainnya di antara kedua pihak. Makin jauh jarak antara kedua pihak, apalagi jika pandangan langsung antara keduanya terhalang oleh suatu obyek, makin kecil pula energi yang tersisa yang sampai pada penerima melalui lintasan langsung ini. Namun masih terdapat lintasan-lintasan perambatan lainnya, seperti lintasan yang disebabkan oleh proses pemantulan atau hamburan oleh permukaan tanah maupun dinding-dinding gedung, serta proses difraksi di mana arah lintasan gelombang radio seolah menikung pada sudut gedung.
Gelombang-gelombang yang merambat melalui berbagai lintasan ini akan terdeteksi bersama-sama sebagai satu sinyal oleh penerima. Apabila gelombang-gelombang yang datang ini memiliki fase yang sama, maka akan dideteksi daya sinyal yang besar hasil jumlahan daya setiap komponen sinyal yang datang. Namun, sering pula terjadi bahwa daya sinyal yang diterima menjadi sangat kecil karena sinyal-sinyal yang datang memiliki fase yang berbeda atau bahkan berlawanan sama sekali. Fenomena variasi daya karena penjumlahan sinyal ini biasa disebut multipath fading. Pada sistem ponsel, di mana perangkat pemancar dan penerima bergerak bersama si pelanggan yang membawanya, daya sinyal yang diterima akan berfluktuasi dengan penurunan daya yang bisa melebihi ambang batas yang ditoleransi oleh perangkat penerima.
Untunglah bahwa jika pada penerima digunakan dua antena atau lebih dengan jarak spasi yang cukup berjauhan, space diversity, maka fenomena multipath fading ini dapat diantisipasi. Teknik ini bekerja berdasarkan anggapan bahwa pada dua antena yang berbeda dan terpisah oleh spasi yang cukup besar, fading yang terjadi tidak berkorelasi. Artinya, jika salah satu antena mengalami pelemahan sinyal karena multipath fading, maka antena yang lain belum tentu mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, semakin banyak antena yang digunakan, semakin efektif pula sistem ini bekerja melawan fading. Suatu unit penggabung (combiner) kemudian bertugas menggabungkan sinyal dari berbagai antena tersebut dengan kriteria tertentu.
Beberapa teknik penggabungan yang sederhana biasanya hanya akan memilih sinyal dengan daya tertinggi, biasa disebut penggabung selektif (selective combiner), atau menjumlahkan sinyal dari semua antena dengan sama rata, biasa disebut penggabung berbobot sama (equal gain combiner). Namun, penggabung yang optimal bekerja dengan prinsip yang lebih canggih: sebelum dijumlahkan, sinyal dari antena dengan daya atau S/N yang besar dikalikan dengan faktor pengali yang besar, sebaliknya sinyal yang lemah atau S/N kecil dikalikan dengan faktor yang kecil pula, suatu teknik yang disebut maximal-ratio combining. Dengan demikian, diterapkan konsep bahwa sinyal yang terkumpul dari semua cabang antena akan seluruhnya dimanfaatkan, namun sinyal dengan kualitas yang lebih baik akan diberi pembobot yang lebih besar, demikian pula sebaliknya. Tujuan akhirnya adalah untuk memperoleh sinyal keluaran dengan rasio S/N yang maksimal.
Melawan fading bukanlah satu-satunya hal yang bisa dikerjakan oleh sistem penerima yang memiliki lebih dari satu antena. Sistem yang tersusun dari sejumlah antena ini, atau yang biasa disebut sebagai antena larik atau array, bisa pula digunakan untuk menekan interferensi dari pemancar yang tidak dikehendaki yang beroperasi pada frekuensi yang sama, seperti yang lumrah terjadi pada sistem telepon bergerak seluler terutama yang berbasis CDMA. Malahan sistem array seperti ini, jika dilengkapi dengan kemampuan beradaptasi, akan mampu dengan pintar mencari, memilih, dan mengikuti pemancar yang dia inginkan, serta menekan sinyal-sinyal dari pemancar lain yang tidak diinginkan. Sistem antena cerdas (smart antenna) seperti ini bisa terwujud jika keluaran dari setiap terminal antena larik pada base station dibaca secara periodik dan diolah oleh sebuah unit pengolah sinyal, sedemikian hingga array selalu bisa mengatur pola radiasi dengan sorotan maksimum ditujukan ke lokasi pelanggan yang diinginkan dan minimum ditujukan ke pelanggan-pelanggan lainnya. Jika teknik begini digabungkan dengan sistem akses CDMA-di mana setiap ponsel yang dilayani oleh base station yang sama memang menggunakan pita frekuensi yang sama sehingga base station akan menerima sinyal yang tumpang tindih dari para pelanggan-maka akan diperoleh kombinasi teknik akses yang disebut CDMA/SDMA (yang terakhir ini kepanjangan dari space division multiple access). Akibatnya sudah jelas, jumlah ponsel yang bisa terlayani oleh sebuah base station yang mencakup area sel yang sama akan meningkat tajam, bahkan menurut prediksi untuk kondisi ideal bisa mencapai lebih dari dua kali lipat.
Elemen kecerdasan yang dimiliki sebuah antena array tidak muncul dengan sendirinya, namun dikendalikan oleh sebuah unit pengolah sinyal yang menerima dan mengolah sinyal dari semua antena yang menjadi elemen array sedemikian hingga diperoleh satu sinyal keluaran dengan kondisi yang diinginkan. Unit ini melaksanakan pengolahan sinyal dalam dua dimensi, yaitu dimensi ruang dan dimensi waktu. Pemanfaatan dimensi ruang diwujudkan dengan menggunakan sinyal-sinyal yang diterima oleh sejumlah antena untuk menekan interferensi antarpemancar yang berbeda. Sementara dalam dimensi waktu, sederetan simbol yang diterima secara beruntun dapat dimanfaatkan dalam proses penekanan interferensi antarsimbol yang berurutan.
Nantinya, dengan kemajuan pesat di bidang teknologi chip kecepatan tinggi yang programmable, perangkat pemancar atau penerima dengan kemampuan seperti ini dapat dikonfigurasi atau malah diprogram ulang dengan cepat dan mudah, mulai dari tahap awal berupa digitasi dan pengodean sinyal informasi, sampai pada sistem antenanya, cukup dengan memprogram rantai pengolahan sinyalnya dalam sebuah chip. Ini yang kelak akan menuju terwujudnya teknologi radio berbasis perangkat lunak, atau yang lazim disebut sebagai software radio. Perkembangan menuju teknologi radio perangkat lunak ini termasuk salah satu faktor yang memicu dan memacu perkembangan teknologi perangkat komunikasi nirkabel, lengkap dengan sistem antena cerdasnya.

Wednesday, February 26, 2014

Tilting Antenna

mechanical tilting (downtilt dan uptilt)
untuk menentukan mechanical tilting dari suatu antenna kita dapat menggunakan tilt meter atau dengan melihat angka yg tertera di bracked antenna.
posisi antenna pada umum nya yg terpasang pada tower ada dlm beberapa posisi
1. posisi tegak lurus ( nilai mechanical tilt nya = 0 )
2. posisi menunduk/downtilt ( nilai mechanical tilt nya dalam satun minus ” -1, -2, -3 dst sesuai angka yg tertera di bracked ato hasil pengukuran menggunakan tilt meter”)
3. posisi menengadah/uptilt ( nilai mechanical tilt nya dalam satuan plus ” 1, 2, 3, 4, dst sesuai angka yg tertera di bracked ato hasil pengukuran menggunakan tilt meter”)
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
mechanical tilting (downtilt dan uptilt)
untuk menentukan mechanical tilting dari suatu antenna kita dapat menggunakan tilt meter atau dengan melihat angka yg tertera di bracked antenna.
posisi antenna pada umum nya yg terpasang pada tower ada dlm beberapa posisi
1. posisi tegak lurus ( nilai mechanical tilt nya = 0 )
2. posisi menunduk/downtilt ( nilai mechanical tilt nya dalam satun minus ” -1, -2, -3 dst sesuai angka yg tertera di bracked ato hasil pengukuran menggunakan tilt meter”)
3. posisi menengadah/uptilt ( nilai mechanical tilt nya dalam satuan plus ” 1, 2, 3, 4, dst sesuai angka yg tertera di bracked ato hasil pengukuran menggunakan tilt meter”)

Cara menentukan sektor antena BTS

Cara menentukan sector (azimut) 1 dari antenna di tower
kita dpt dengan mudah menentukan antenna mana yg merupakan sector 1 dari beberapa antenna yg terpasang di tower dng menggunakan compas/sunto, dgn melihat arah utara compas dan mengikuti arah putaran jarum jam dan antenna yg mendekati nol derajat (arah utara) itu merupakan antenna sector 1 dari tower tersebut, antenna berikut nya merupakan sector 2 lalu sector 3 mengikuti perputaran arah jarum jam.
contoh :
antenna satu 45 derajat, antenna dua 70 derajat, antenna tiga 330 derajat
maka yg merupakan antenna sector 1 nya adalah antenna satu dgn sudut 45 derajat, sector 2 nya adalah antenna dgn sudut 70 derajat, dan sector 3 nya adalah antenna dgn sudut 33o derajat

sumber : http://masihbarubelajar.wordpress.com/
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Cara menentukan sector (azimut) 1 dari antenna di tower
kita dpt dengan mudah menentukan antenna mana yg merupakan sector 1 dari beberapa antenna yg terpasang di tower dng menggunakan compas/sunto, dgn melihat arah utara compas dan mengikuti arah putaran jarum jam dan antenna yg mendekati nol derajat (arah utara) itu merupakan antenna sector 1 dari tower tersebut, antenna berikut nya merupakan sector 2 lalu sector 3 mengikuti perputaran arah jarum jam.
contoh :
antenna satu 45 derajat, antenna dua 70 derajat, antenna tiga 330 derajat
maka yg merupakan antenna sector 1 nya adalah antenna satu dgn sudut 45 derajat, sector 2 nya adalah antenna dgn sudut 70 derajat, dan sector 3 nya adalah antenna dgn sudut 33o derajat

sumber : http://masihbarubelajar.wordpress.com/

Cara Menentukan arah antena VSAT ( Parabola )

Menjadi seorang teknisi VSAT harus memiliki pengetahuan tentang satelit.hal ini akan sangat berguna bila akan melakukan instalasi antena VSAT baru di lokasi yang baru pula. Pada saat instalasi akan muncul pertanyaan dalam benak kita "kemana antena seharusnya diarahkan supaya mendapatkan sinyal?", untuk menjawab pertanyaan tersebut hal pertama yang harus diketahui adalah koordinat satelit tujuan dan koordinat lokasi VSAT dipasang.

Satelit di angkasa memliki koordinat yang menunjukkan dimana lokasi satelit tersebu berada, begitu pula dengan suatu lokasi di permukaaan bumi ini juga memiliki koordinat.Tiap koordinat satelit dan lokasi dipermukaan bumi akan berbeda-beda meskipun perbedaanya hanya sedikit. salah satu contoh koordinat satelit yaitu Telkom 2 berada di 118E, Palapa C2 113E dan koordinat lokasi Makassar berada di latitude 05.10S dan longitude 119.20E.Koordinat lokasi bisa dilihat di peta ataupun yang lebih canggih yaitu google earth dan GPS,atau kalau tidak mau repot silahkan download di koordinat kota indonesia. Mungkin koordinat kota-kota di indonesia yang saya lampirkan tidak ada kota tempat anda berada saat ini,gunakan koordinat kota terdekat dengan posisi anda.
Setelah koordinat satelit dan koordinat lokasi VSAT diketahui, langkah selanjutnya menghitung kemana arah antena. Tidak perlu pusing bagaimana dan rumus apa yang digunakan, cukup gunakan software Satmaster anda hanya perlu memasukkan koordinat satelit dan koordinat lokasi VSAT,maka azimuth (arah antena), elevasi ( kemiringan antena) beserta polarizasi ( polar antena) akan muncul seketika. tinggal arahkan antena menggunakan kompas dan ukur kemiringan menggunakan inclinometer serta atur putar polar sesuai arah jarum jam mengikuti nilai polarisasi. Jangan lupa ya untuk tipe antena offset sudut elevasi di kurangi 22.5 derajat dan maksimalkan nilai pointing semampunya...
Download Software Satmaster 

1.instal satmaster
2.Pada halaman utama klik File --> New --> Look Angles
3.cari nama kota lokasi di SITE dan koordinat satelit di SAT klik OK

4.Hasil perhitungan


sumber : http://belajarvsat.blogspot.com/

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Menjadi seorang teknisi VSAT harus memiliki pengetahuan tentang satelit.hal ini akan sangat berguna bila akan melakukan instalasi antena VSAT baru di lokasi yang baru pula. Pada saat instalasi akan muncul pertanyaan dalam benak kita "kemana antena seharusnya diarahkan supaya mendapatkan sinyal?", untuk menjawab pertanyaan tersebut hal pertama yang harus diketahui adalah koordinat satelit tujuan dan koordinat lokasi VSAT dipasang.

Satelit di angkasa memliki koordinat yang menunjukkan dimana lokasi satelit tersebu berada, begitu pula dengan suatu lokasi di permukaaan bumi ini juga memiliki koordinat.Tiap koordinat satelit dan lokasi dipermukaan bumi akan berbeda-beda meskipun perbedaanya hanya sedikit. salah satu contoh koordinat satelit yaitu Telkom 2 berada di 118E, Palapa C2 113E dan koordinat lokasi Makassar berada di latitude 05.10S dan longitude 119.20E.Koordinat lokasi bisa dilihat di peta ataupun yang lebih canggih yaitu google earth dan GPS,atau kalau tidak mau repot silahkan download di koordinat kota indonesia. Mungkin koordinat kota-kota di indonesia yang saya lampirkan tidak ada kota tempat anda berada saat ini,gunakan koordinat kota terdekat dengan posisi anda.
Setelah koordinat satelit dan koordinat lokasi VSAT diketahui, langkah selanjutnya menghitung kemana arah antena. Tidak perlu pusing bagaimana dan rumus apa yang digunakan, cukup gunakan software Satmaster anda hanya perlu memasukkan koordinat satelit dan koordinat lokasi VSAT,maka azimuth (arah antena), elevasi ( kemiringan antena) beserta polarizasi ( polar antena) akan muncul seketika. tinggal arahkan antena menggunakan kompas dan ukur kemiringan menggunakan inclinometer serta atur putar polar sesuai arah jarum jam mengikuti nilai polarisasi. Jangan lupa ya untuk tipe antena offset sudut elevasi di kurangi 22.5 derajat dan maksimalkan nilai pointing semampunya...
Download Software Satmaster 

1.instal satmaster
2.Pada halaman utama klik File --> New --> Look Angles
3.cari nama kota lokasi di SITE dan koordinat satelit di SAT klik OK

4.Hasil perhitungan


sumber : http://belajarvsat.blogspot.com/

Monday, February 24, 2014

CARA MERAWAT RANTAI SEPEDA MOTOR

Rantai sepeda motor merupakan salah satu komponen yang memerlukan perawatan secara rutin. Rantai yang sudah kendor sebaiknya segera disetel agar lebih kencang. Jika sudah tidak bisa disetel, maka rantai tersebut harus diganti. Untuk melakukan perawatan rantai bisa dilakukan sendiri atau harus dibawa ke bangkel. Jika perawatan ringan, misalnya membersihkan kotoran yang menempel atau memberikan pelumas rantai, maka bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk perawatan yang agak rumit Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat. Pada artikel kali ini, kami akan menguraikan taknik dan cara sederhana melakukan perawatan rantai pada sepeda motor.

Cara merawat rantai sepeda motor

  1. Bersihkan rantai dari kotoran yang menempel secara rutin. Jangan biarkan rantai dalam keadaan kotor, hal ini dapat mempengaruhi umur rantai. Dengan rantai yang terawat, sepeda motor Anda akan lebih nyaman untuk dikendarai.
  2. Saat membersihkan rantai sepeda motor, jangan dilakukan menggunakan bensin, minyak tanah, atau solar maupun minyak pelarut lain. Jika hal ini dilakukan, akan menghilangkan pelumas atau gemuk yang terdapat di sela-sela komponen rantai sehingga putaran atau gerakan rantai akan lebih terhambat.
  3. Pastikan ketegangan rantai tetap dalam kondisi normal. Cara melakukan pengecekan terhadap tegangan rantai dilakukan dengan menekan rantai pada bagian bawah ke atas. Jarak antara rantai dalam keadaan tidak ditekan dengan keadaan ditekan sekitar 20-30 mm. Jika terlalu kencang, rantai sepeda motor akan cepat aus.
  4. Jika harus mengganti gir atau roda gigi, gunakan roda gigi yang original, sehingga presisi rantai dan roda gigi bisa tepat. Hal ini juga akan memperpanjang umur rantai.
  5. Jika rantai sudah kendor, jangan lakukan pemotongan pada mata rantai, karena akan mengurangi performa ranti dan rantai mudah putus. Penggunaan rantai yang sudah tidak layak jangan dipaksanan dengan memotong mata rantainya.
  6. Jika memang sudah tidak bisa lagi dilakukan penyetelan pada tegangan rantai karena rantai sudah terlalu kendor, gantilah dengan rantai yang original. Jika dipaksakan, rantai dapat lepas dari kedudukannya, dan membahayakan pengendara.
  7. Jika menggunakan rantai yang tidak original, dikhawatirkan rantai tidak menempel pada sprocket.




Hal-hal yang dapat mempercepat kerusakan rantai

  1. Pengendara sering melakukan pengereman mendadak, dan akselerasi yang tidak stabil.
  2. Rantai sepeda motor Anda terlalu kering, oleh karena itu, berikan pelumas secara teratur.
  3. Rantai yang terlalu kering atau kekurangan pelumas dapat mempercepat timbulnya karat. Jika rantai motor Anda sudah berkarat, dapat mempercepat kerusakan rantai.
  4. Sproket yang sudah aus juga dapat mempercepat kerusakan rantai sepeda motor.
  5. Motor sering digunanakan pada medan yang berdebu atau berlumpur, hal ini akan mempercepat menempelnya kotoran pada rantai, sehingga kerusakan rantai juga lebih cepat.

Kenapa rantai sepeda motor berbunyi

Tidak jarang kita menemui atau mengendarai sepeda motor yang rantainya berbunyi. Rantai yang berbunyi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sprocket yang tidak center; pelumasan yang tidak teratur sehingga rantai terlalu kering; keteganan rantai tidak sesuai dengan batas toleransi, kemungkinan terlalu kendur atau terlalu tegang; dan penutup rantai yang miring atau tidak pas, sehingga terjadi gesekan antara rantai dengan penutupnya.

Dengan perawatan rantai yang teratur, diharapkan sepeda motor Anda semakin nyaman dan aman untuk dikendarai. Hal ini tentu akan menunjang umur ekonomis sepeda motor sehingga lebih lama.

Demikian informasi yang bisa kami sajikan mengenai cara merawat rantai sepeda motor, semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian



sumber : http://www.tanijogonegoro.com/ BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT : Rantai sepeda motor merupakan salah satu komponen yang memerlukan perawatan secara rutin. Rantai yang sudah kendor sebaiknya segera disetel agar lebih kencang. Jika sudah tidak bisa disetel, maka rantai tersebut harus diganti. Untuk melakukan perawatan rantai bisa dilakukan sendiri atau harus dibawa ke bangkel. Jika perawatan ringan, misalnya membersihkan kotoran yang menempel atau memberikan pelumas rantai, maka bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk perawatan yang agak rumit Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat. Pada artikel kali ini, kami akan menguraikan taknik dan cara sederhana melakukan perawatan rantai pada sepeda motor.

Cara merawat rantai sepeda motor

  1. Bersihkan rantai dari kotoran yang menempel secara rutin. Jangan biarkan rantai dalam keadaan kotor, hal ini dapat mempengaruhi umur rantai. Dengan rantai yang terawat, sepeda motor Anda akan lebih nyaman untuk dikendarai.
  2. Saat membersihkan rantai sepeda motor, jangan dilakukan menggunakan bensin, minyak tanah, atau solar maupun minyak pelarut lain. Jika hal ini dilakukan, akan menghilangkan pelumas atau gemuk yang terdapat di sela-sela komponen rantai sehingga putaran atau gerakan rantai akan lebih terhambat.
  3. Pastikan ketegangan rantai tetap dalam kondisi normal. Cara melakukan pengecekan terhadap tegangan rantai dilakukan dengan menekan rantai pada bagian bawah ke atas. Jarak antara rantai dalam keadaan tidak ditekan dengan keadaan ditekan sekitar 20-30 mm. Jika terlalu kencang, rantai sepeda motor akan cepat aus.
  4. Jika harus mengganti gir atau roda gigi, gunakan roda gigi yang original, sehingga presisi rantai dan roda gigi bisa tepat. Hal ini juga akan memperpanjang umur rantai.
  5. Jika rantai sudah kendor, jangan lakukan pemotongan pada mata rantai, karena akan mengurangi performa ranti dan rantai mudah putus. Penggunaan rantai yang sudah tidak layak jangan dipaksanan dengan memotong mata rantainya.
  6. Jika memang sudah tidak bisa lagi dilakukan penyetelan pada tegangan rantai karena rantai sudah terlalu kendor, gantilah dengan rantai yang original. Jika dipaksakan, rantai dapat lepas dari kedudukannya, dan membahayakan pengendara.
  7. Jika menggunakan rantai yang tidak original, dikhawatirkan rantai tidak menempel pada sprocket.




Hal-hal yang dapat mempercepat kerusakan rantai

  1. Pengendara sering melakukan pengereman mendadak, dan akselerasi yang tidak stabil.
  2. Rantai sepeda motor Anda terlalu kering, oleh karena itu, berikan pelumas secara teratur.
  3. Rantai yang terlalu kering atau kekurangan pelumas dapat mempercepat timbulnya karat. Jika rantai motor Anda sudah berkarat, dapat mempercepat kerusakan rantai.
  4. Sproket yang sudah aus juga dapat mempercepat kerusakan rantai sepeda motor.
  5. Motor sering digunanakan pada medan yang berdebu atau berlumpur, hal ini akan mempercepat menempelnya kotoran pada rantai, sehingga kerusakan rantai juga lebih cepat.

Kenapa rantai sepeda motor berbunyi

Tidak jarang kita menemui atau mengendarai sepeda motor yang rantainya berbunyi. Rantai yang berbunyi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sprocket yang tidak center; pelumasan yang tidak teratur sehingga rantai terlalu kering; keteganan rantai tidak sesuai dengan batas toleransi, kemungkinan terlalu kendur atau terlalu tegang; dan penutup rantai yang miring atau tidak pas, sehingga terjadi gesekan antara rantai dengan penutupnya.

Dengan perawatan rantai yang teratur, diharapkan sepeda motor Anda semakin nyaman dan aman untuk dikendarai. Hal ini tentu akan menunjang umur ekonomis sepeda motor sehingga lebih lama.

Demikian informasi yang bisa kami sajikan mengenai cara merawat rantai sepeda motor, semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian



sumber : http://www.tanijogonegoro.com/

Ban Tubeless Kena Ranjau Paku, Jangan Langsung Dicabut Lho…..

DSC_17
Banyak yang masih beranggapan bahwa ban model tubeless itu sangat merugikan, lucunya jika ditanyakan alasannya kebanyakan orang yang fnc temui mengatakan lebih gampangnya ‘mending pake ban dalam lebih aman’. Nah jika demikian mengapa banyak motor-motor kelas dunia mengaplikasikannya? tentu banyak manfaatnya.
Berbicara tentang manfaat ban tubeless, fnc mengalaminya saat kemarin memutuskan ke malang untuk sebuah keperluan. Mengingat hari sabtu sebenarnya malas juga karena dipastikan kondisi lalu lintas akan begitu padatnya didominasi mobil-mobil luar kota yang akan berlibur entah k malang sendiri atau bahkan ke kota batu.
Setelah menyelesaikan keperluan yang dimaksud, fnc pun menempuh perjalanan pulang lewat rute berbeda. Rute blusukan untuk menghindari macet cukup efektif memangkas waktu menjadi lebih cepat meskipun tetap saja saat kembali ke jalan utama macet tetap menghadang. Tumben juga tuh hari sabtu kemaren arah surabaya juga cukup padat kondisinya. So, jalan santai saja tak mencoba ikutan motor lain yang nggak sabaran karena sekali kita mengikuti maka akan berpengaruh ke konsentrasi berkendara.
DSC_18
Sesampai dirumah, fnc pun memutuskan mencuci bluemx yang sebulan lamanya tak dicuci sekalipun. Maklum, baru sempat beli shampoo untuk motor. Lho sabun lain kan bisa? yup tapi untuk menjaga keawetan mengkilapnya vernis cat motor lebih baik brosis sekalian memakai shampoo khusus motor. Jangan sabun colek atau deterjen yang akan membuat cat menjadi kusam. Kala ban belakang fnc sikat dan bersihkan, lha kok ada bunyi cesss yang menandakan ada tekanan udara yang keluar.
Sontak fnc teliti lagi dengan memutar roda, hasilnya wow. Sebuah paku yang cukup besar nancap di ban belakang, bentuk paku nya pun aneh, apa dimalang mulai banyak ranjau paku ya. Entahlah, atau mungkin saat melewati rute blusukan tadi. Disinilah keuntungan memakai model ban tubeless, sejauh paku tersebut tidak dilepas hingga sampai ditambal nantinya, maka tekanan angin didalam ban masih tetap terjaga meskipun ada sedikit yang bocor. Bandingkan jika memakai ban dalam, maka gejala ban gembos akan terjadi langsung seketika kala paku menembus ban dalam. Nah, setidaknya aman lah sampai kita menambal ban yang tertancap paku tersebut. (fnc)
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
DSC_17
Banyak yang masih beranggapan bahwa ban model tubeless itu sangat merugikan, lucunya jika ditanyakan alasannya kebanyakan orang yang fnc temui mengatakan lebih gampangnya ‘mending pake ban dalam lebih aman’. Nah jika demikian mengapa banyak motor-motor kelas dunia mengaplikasikannya? tentu banyak manfaatnya.
Berbicara tentang manfaat ban tubeless, fnc mengalaminya saat kemarin memutuskan ke malang untuk sebuah keperluan. Mengingat hari sabtu sebenarnya malas juga karena dipastikan kondisi lalu lintas akan begitu padatnya didominasi mobil-mobil luar kota yang akan berlibur entah k malang sendiri atau bahkan ke kota batu.
Setelah menyelesaikan keperluan yang dimaksud, fnc pun menempuh perjalanan pulang lewat rute berbeda. Rute blusukan untuk menghindari macet cukup efektif memangkas waktu menjadi lebih cepat meskipun tetap saja saat kembali ke jalan utama macet tetap menghadang. Tumben juga tuh hari sabtu kemaren arah surabaya juga cukup padat kondisinya. So, jalan santai saja tak mencoba ikutan motor lain yang nggak sabaran karena sekali kita mengikuti maka akan berpengaruh ke konsentrasi berkendara.
DSC_18
Sesampai dirumah, fnc pun memutuskan mencuci bluemx yang sebulan lamanya tak dicuci sekalipun. Maklum, baru sempat beli shampoo untuk motor. Lho sabun lain kan bisa? yup tapi untuk menjaga keawetan mengkilapnya vernis cat motor lebih baik brosis sekalian memakai shampoo khusus motor. Jangan sabun colek atau deterjen yang akan membuat cat menjadi kusam. Kala ban belakang fnc sikat dan bersihkan, lha kok ada bunyi cesss yang menandakan ada tekanan udara yang keluar.
Sontak fnc teliti lagi dengan memutar roda, hasilnya wow. Sebuah paku yang cukup besar nancap di ban belakang, bentuk paku nya pun aneh, apa dimalang mulai banyak ranjau paku ya. Entahlah, atau mungkin saat melewati rute blusukan tadi. Disinilah keuntungan memakai model ban tubeless, sejauh paku tersebut tidak dilepas hingga sampai ditambal nantinya, maka tekanan angin didalam ban masih tetap terjaga meskipun ada sedikit yang bocor. Bandingkan jika memakai ban dalam, maka gejala ban gembos akan terjadi langsung seketika kala paku menembus ban dalam. Nah, setidaknya aman lah sampai kita menambal ban yang tertancap paku tersebut. (fnc)

Pengaruh Perbandingan Final Gear (Gir Rasio) !!

Berbicara mendongkrak akselerasi motor, banyak cara yang bisa ditempuh. Mulai dari oprek mesin, kelistrikan sampai mekanik. Salah satunya adalah penggantian rasio gir atau saya lebih prefer menyebutnya final gear (depan dan belakang). Meskipun cara ini tergolong murah karena hanya menebus beberapa puluh ribu saja namun efektif juga lho.
Perlu diingat, perbandingan final gear dirancang sedemikian rupa oleh pabrikan dengan berbagai riset yang membutuhkan waktu lama. Hal ini dimungkinkan bahwa motor yang notabenenya sebagai sarana publik mampu melibas segala macam kondisi jalan baik itu jalan mendatar ataupun yang berkarakter tanjakan.
Namun, yang namanya manusia dalam hal ini biker sering kali memodifikasi motor tanpa perhitungan. Misal, pengaplkikasian Ban Besar. Maksudnya sih, ingin tampilan motor kesayangan bak motor-motor motogp. Tapi sayang, sering kali hal tersebut tak dihiraukan biker. Padahal, pengaplikasian ban gambot, akan memaksa mesin motor bekerja lebih berat dari biasanya. Hal ini yang menyebabkan usia pakai mesin motor akan menjadi pendek.
Bila memang demikian, bro/sis biker yang suka ganti ban gambot patut memperhitungkan mengganti final gir motor kesayangan. Untuk apa? Tentunya untuk meringankan kinerja mesin. Bisa dengan menaikkan mata gir belakang 1-2 mata dari gir standar. Misal yamaha vixion, dari pabrikan motor ini dibekali perbandingan final gear 14/42. Untuk menghitungkan mudah, Angka mata gir belakang dibagi angka mata gir depan, hasilnya 42 : 14 = 3,0. Jika mengaplikasikan ban gambot ukuran 130/70-17 tentunya akan memperberat kinerja mesin, oleh karena itu bisa mengubah perbandingan final gear menjadi 14/44, dengan perhitungan 44 : 14 = 3,14. Meskipun hanya naik sebesar 0,14 namun dalam kenyataannya akan terasa signifikan.
Tapi, ada tapinya nih bro/sis. Mengubah nilai final gear dari standarnya akan berefek pada top speed dan akselerasi. Semakin besar nilai yang dihasilkan dari perbandingan final gir akan berdampak pada peningkatan akselerasi (tarikan motor menjadi ringan)tapi mengorbankan top speed. Sebaliknya, semakin kecil hasil perbandingan final gear maka semakin meningkatkan top speed namun akan menurunkan akselerasi motor. Khusus untuk poin peningkatan top speed, tak akan dirasakan secara signifikan karena keterbatasan power motor dalam kondisi standar. Perlu tambahan lain seperti CDI unlimiter untuk mendongkrak top speed tersebut. (fnc)
Berikut Daftar Perbandingan FINAL GEAR (SPROCKET)
Dibuat berdasarkan urutan top speed paling tinggi sampai top speed paling rendah
atau akselerasi paling rendah sampai akselerasi paling tinggi. Monggo disimak :
15/33 = 2.2 
15/34 = 2.266
15/35 = 2.333 => Vega R,Supra X125
14/33 = 2.357
15/36 = 2.4 => Jupiter Z
14/34 = 2.428
15/37 = 2.466
  => RX-King, Vega R
14/35 = 2.5
15/38 = 2.533
13/33 = 2.538
14/36 = 2.571
15/39 = 2.6  => Jupiter MX 135
13/34 = 2.615
14/37 = 2.642
15/40 = 2.666
13/35 = 2.692
14/38 = 2.714 => New Jupiter MX 135
15/41 = 2.733 
=> New Vega ZR
12/33 = 2.75
13/36 = 2.769
14/39 = 2.785 
=> F1-ZR
15/42 = 2.8
12/34 = 2.833
13/37 = 2.846
14/40 = 2.857 => Byson
15/43 = 2.866
12/35 = 2.916
13/38 = 2.923
14/41 = 2.928
15/44 = 2.933 => CBR 150
12/36 = 3
13/39 = 3
14/42 = 3 => Vixion / CS1
15/45 = 3 
=> GL Pro Neo Tech
14/43 = 3.071  => Satria FU
13/40 = 3.076
12/37 = 3.083
14/44 = 3.142
13/41 = 3.153
12/38 = 3.166
14/45 = 3.214
13/42 = 3.230
12/39 = 3.25
13/43 = 3.307
12/40 = 3.333
13/44 = 3.384
12/41 = 3.416
13/45 = 3.461
12/42 = 3.5
12/43 = 3.583
12/44 = 3.666
12/45 = 3.75


sumber : http://fncounter.com/
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Berbicara mendongkrak akselerasi motor, banyak cara yang bisa ditempuh. Mulai dari oprek mesin, kelistrikan sampai mekanik. Salah satunya adalah penggantian rasio gir atau saya lebih prefer menyebutnya final gear (depan dan belakang). Meskipun cara ini tergolong murah karena hanya menebus beberapa puluh ribu saja namun efektif juga lho.
Perlu diingat, perbandingan final gear dirancang sedemikian rupa oleh pabrikan dengan berbagai riset yang membutuhkan waktu lama. Hal ini dimungkinkan bahwa motor yang notabenenya sebagai sarana publik mampu melibas segala macam kondisi jalan baik itu jalan mendatar ataupun yang berkarakter tanjakan.
Namun, yang namanya manusia dalam hal ini biker sering kali memodifikasi motor tanpa perhitungan. Misal, pengaplkikasian Ban Besar. Maksudnya sih, ingin tampilan motor kesayangan bak motor-motor motogp. Tapi sayang, sering kali hal tersebut tak dihiraukan biker. Padahal, pengaplikasian ban gambot, akan memaksa mesin motor bekerja lebih berat dari biasanya. Hal ini yang menyebabkan usia pakai mesin motor akan menjadi pendek.
Bila memang demikian, bro/sis biker yang suka ganti ban gambot patut memperhitungkan mengganti final gir motor kesayangan. Untuk apa? Tentunya untuk meringankan kinerja mesin. Bisa dengan menaikkan mata gir belakang 1-2 mata dari gir standar. Misal yamaha vixion, dari pabrikan motor ini dibekali perbandingan final gear 14/42. Untuk menghitungkan mudah, Angka mata gir belakang dibagi angka mata gir depan, hasilnya 42 : 14 = 3,0. Jika mengaplikasikan ban gambot ukuran 130/70-17 tentunya akan memperberat kinerja mesin, oleh karena itu bisa mengubah perbandingan final gear menjadi 14/44, dengan perhitungan 44 : 14 = 3,14. Meskipun hanya naik sebesar 0,14 namun dalam kenyataannya akan terasa signifikan.
Tapi, ada tapinya nih bro/sis. Mengubah nilai final gear dari standarnya akan berefek pada top speed dan akselerasi. Semakin besar nilai yang dihasilkan dari perbandingan final gir akan berdampak pada peningkatan akselerasi (tarikan motor menjadi ringan)tapi mengorbankan top speed. Sebaliknya, semakin kecil hasil perbandingan final gear maka semakin meningkatkan top speed namun akan menurunkan akselerasi motor. Khusus untuk poin peningkatan top speed, tak akan dirasakan secara signifikan karena keterbatasan power motor dalam kondisi standar. Perlu tambahan lain seperti CDI unlimiter untuk mendongkrak top speed tersebut. (fnc)
Berikut Daftar Perbandingan FINAL GEAR (SPROCKET)
Dibuat berdasarkan urutan top speed paling tinggi sampai top speed paling rendah
atau akselerasi paling rendah sampai akselerasi paling tinggi. Monggo disimak :
15/33 = 2.2 
15/34 = 2.266
15/35 = 2.333 => Vega R,Supra X125
14/33 = 2.357
15/36 = 2.4 => Jupiter Z
14/34 = 2.428
15/37 = 2.466
  => RX-King, Vega R
14/35 = 2.5
15/38 = 2.533
13/33 = 2.538
14/36 = 2.571
15/39 = 2.6  => Jupiter MX 135
13/34 = 2.615
14/37 = 2.642
15/40 = 2.666
13/35 = 2.692
14/38 = 2.714 => New Jupiter MX 135
15/41 = 2.733 
=> New Vega ZR
12/33 = 2.75
13/36 = 2.769
14/39 = 2.785 
=> F1-ZR
15/42 = 2.8
12/34 = 2.833
13/37 = 2.846
14/40 = 2.857 => Byson
15/43 = 2.866
12/35 = 2.916
13/38 = 2.923
14/41 = 2.928
15/44 = 2.933 => CBR 150
12/36 = 3
13/39 = 3
14/42 = 3 => Vixion / CS1
15/45 = 3 
=> GL Pro Neo Tech
14/43 = 3.071  => Satria FU
13/40 = 3.076
12/37 = 3.083
14/44 = 3.142
13/41 = 3.153
12/38 = 3.166
14/45 = 3.214
13/42 = 3.230
12/39 = 3.25
13/43 = 3.307
12/40 = 3.333
13/44 = 3.384
12/41 = 3.416
13/45 = 3.461
12/42 = 3.5
12/43 = 3.583
12/44 = 3.666
12/45 = 3.75


sumber : http://fncounter.com/

Wednesday, February 19, 2014

Cara Memaku Dinding Agar Tidak Retak


Anda ingin memasang paku kedinding untuk menggantungkan pigura atau aksesoris rumah tangga lainnya? Tapi ragu-ragu karena biasanya malah menyebabkan dinding rumah menjadi retak dan selamanya pigura tersebut akan terpasang disitu untuk menutupi retak yang kita buat. Sebetulnya retak tersebut bukan terjadi karena campuran semen yang kurang bagus tapi karena kita belum mengetahui cara memaku dinding yang benar. Baiklah,gak usah ragu-ragu lagi, silahkan hiasi dinding rumah anda dengan berbagai aksesoris yang di gantung, cobalah cara memaku dinding berikut ini:

Alat yang dibutuhkan:
1. Palu
2. lakban atau selotip lebar sedang ( lebih lebar lebih baik)
3. Paku
4. Cuka ( bila dinding terlalu rapuh)

Caranya:
Tempelkan lakban atau selotip dengan posisi menyilang (membentuk huruf X atau tanda +). Setelah itu, pakulah tepat di tengah tanda silang tersebut.Setelah selesai, lepaslah lakban perlahan-lahan.

Apabila dinding rumah Anda terlalu rapuh hingga rontok saat dipaku,Siramkan 2 – 3 sendok makan cuka ke dinding yang akan dipaku. Biarkan mengering. Setelah itu tempelkan lakban dengan posisi menyilang seperti tadi,dinding pun aman untuk di paku.Tips ini juga bisa digunakan bila kita ingin melakukan pengeboran kecil (diameter 6mm sampai 10mm).

Silahkan tambahkan pengalaman Anda di kolom komentar....

sumber : http://kerjainsendiri.blogspot.com/


BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Anda ingin memasang paku kedinding untuk menggantungkan pigura atau aksesoris rumah tangga lainnya? Tapi ragu-ragu karena biasanya malah menyebabkan dinding rumah menjadi retak dan selamanya pigura tersebut akan terpasang disitu untuk menutupi retak yang kita buat. Sebetulnya retak tersebut bukan terjadi karena campuran semen yang kurang bagus tapi karena kita belum mengetahui cara memaku dinding yang benar. Baiklah,gak usah ragu-ragu lagi, silahkan hiasi dinding rumah anda dengan berbagai aksesoris yang di gantung, cobalah cara memaku dinding berikut ini:

Alat yang dibutuhkan:
1. Palu
2. lakban atau selotip lebar sedang ( lebih lebar lebih baik)
3. Paku
4. Cuka ( bila dinding terlalu rapuh)

Caranya:
Tempelkan lakban atau selotip dengan posisi menyilang (membentuk huruf X atau tanda +). Setelah itu, pakulah tepat di tengah tanda silang tersebut.Setelah selesai, lepaslah lakban perlahan-lahan.

Apabila dinding rumah Anda terlalu rapuh hingga rontok saat dipaku,Siramkan 2 – 3 sendok makan cuka ke dinding yang akan dipaku. Biarkan mengering. Setelah itu tempelkan lakban dengan posisi menyilang seperti tadi,dinding pun aman untuk di paku.Tips ini juga bisa digunakan bila kita ingin melakukan pengeboran kecil (diameter 6mm sampai 10mm).

Silahkan tambahkan pengalaman Anda di kolom komentar....

sumber : http://kerjainsendiri.blogspot.com/


Cara Membuat Telur Asin

Bahan-bahan:
  • Telur bebek yang bermutu baik 30 butir
  • Abu gosok atau bubuk batu bata merah 1 ½ liter
  • Garam dapur ½ kg
  • Larutan daun teh (bila perlu) 50 gram teh / 3 liter air
  • Air bersih secukupnya
Alat yang dibutuhkan:
  • Ember plastik
  • Kuali tanah atau panci
  • Kompor atau alat pemanas
  • Alat pengaduk
  • Stoples atau alat penyimpan telur
Cara pembuatan:
1)Pilih telur yang bermutu baik (tidak retak atau busuk)
2)Bersihkan telur dengan jalan mencuci atau dilap dengan air hangat,kemudian keringkan
3)Amplas seluruh permukaan telur agar pori-porinya terbuka
4)Buat adonan pengasin yang terdiri dari campuran abu gosok dan garam,dengan perbandingan sama (1:1). Dapat pula digunakan adonan yang terdiridari campuran bubuk bata merah dengan garam
5)Tambahkan sedikit air ke dalam adonan kemudian aduk sampai adonan berbentuk pasta
6)Bungkus telur dengan adonan satu persatu secara merata sekelilingpermukaan telur, kira-kira setebal 1~2 mm
7)Simpan telur dalam kuali tanah atau ember plastik selama 15 ~ 20 hari.Usahakan agar telur tidak pecah, simpan di tempat yang bersih dan terbuka
8)Setelah selesai bersihkan telur dari adonan kemudian rendam dalam larutan teh selama 8 hari (bila perlu)
Sumber: frutiti.multiply.com
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT : Bahan-bahan:
  • Telur bebek yang bermutu baik 30 butir
  • Abu gosok atau bubuk batu bata merah 1 ½ liter
  • Garam dapur ½ kg
  • Larutan daun teh (bila perlu) 50 gram teh / 3 liter air
  • Air bersih secukupnya
Alat yang dibutuhkan:
  • Ember plastik
  • Kuali tanah atau panci
  • Kompor atau alat pemanas
  • Alat pengaduk
  • Stoples atau alat penyimpan telur
Cara pembuatan:
1)Pilih telur yang bermutu baik (tidak retak atau busuk)
2)Bersihkan telur dengan jalan mencuci atau dilap dengan air hangat,kemudian keringkan
3)Amplas seluruh permukaan telur agar pori-porinya terbuka
4)Buat adonan pengasin yang terdiri dari campuran abu gosok dan garam,dengan perbandingan sama (1:1). Dapat pula digunakan adonan yang terdiridari campuran bubuk bata merah dengan garam
5)Tambahkan sedikit air ke dalam adonan kemudian aduk sampai adonan berbentuk pasta
6)Bungkus telur dengan adonan satu persatu secara merata sekelilingpermukaan telur, kira-kira setebal 1~2 mm
7)Simpan telur dalam kuali tanah atau ember plastik selama 15 ~ 20 hari.Usahakan agar telur tidak pecah, simpan di tempat yang bersih dan terbuka
8)Setelah selesai bersihkan telur dari adonan kemudian rendam dalam larutan teh selama 8 hari (bila perlu)
Sumber: frutiti.multiply.com

Langkah Memilih Ikan yang Baik



Ikan adalah bagian dari makanan kita sehari-hari. Tapi ternyata banyak yang belum tahu cara memilih ikan yang baik ketika membelinya dipasar atau supermarket. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengetahuinya:

  1. Periksa keadaan insangnya, ambil ikan yang insangnya masih merah

  2. Tekan pada badannya, ikan yang masih baik adalah yang badannya kenyal, bukan yang lunak.

Mudah kan? sekarang silahkan berbelanja ikan sepuasnya...
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :

Ikan adalah bagian dari makanan kita sehari-hari. Tapi ternyata banyak yang belum tahu cara memilih ikan yang baik ketika membelinya dipasar atau supermarket. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengetahuinya:

  1. Periksa keadaan insangnya, ambil ikan yang insangnya masih merah

  2. Tekan pada badannya, ikan yang masih baik adalah yang badannya kenyal, bukan yang lunak.

Mudah kan? sekarang silahkan berbelanja ikan sepuasnya...

Scan dokumen gratisan dengan gadget Android

Tadinya saya antri disebuah percetakan untuk scan beberapa dokumen. Karena antriannya panjang dan lagi buru-buru, saya pun pulang dan coba alternatif lain, iseng-iseng cari software di Play Store nya Google, eh nemu CamScaner. Hasilnya lumayan dan lebih penting lagi gratis :), bisa scan sepuasnya. 








OK, sebelum mulai install CamScanner dulu ke gadget Android Anda,lalu ikuti langkah-langkah berikut:
1. Jalankan aplikasi CamScanner, sehingga akan muncul tampilan awal seperti berikut

2. Langkah berikutnya adalah mengambil photo yang akan di scan, klik tombol 1 untuk mengambil photo yang sudah di simpan di internal handphone atau tombol 2 apabila ingin mengambil photonya langsung dengan kamera handphone Anda.
Catatan: Hasil akhir scan akan sangat tergantung dari kualitas photo yang di scan, kalau kamera handphone kita tidak terlalu bagus, disarankan mengambil photo dengan kamera digital yang punya resolusi libih baik, kemudian pindahkan photonya ke dalam handphone untuk di scan (pakai tombol 1)

3. Arahkan sudut-sudut garis hijau ke empat sudut dari dokumen

4. Tekan tanda centang setelah pemrosesan gambar selesai
5. Selesai...thanks buat Android dan CamScanner :)
Semoga bermanfaat, dan bantu sebarkan artikel ini dengan share di Facebook dan Twitter rekan-rekan :) BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Tadinya saya antri disebuah percetakan untuk scan beberapa dokumen. Karena antriannya panjang dan lagi buru-buru, saya pun pulang dan coba alternatif lain, iseng-iseng cari software di Play Store nya Google, eh nemu CamScaner. Hasilnya lumayan dan lebih penting lagi gratis :), bisa scan sepuasnya. 








OK, sebelum mulai install CamScanner dulu ke gadget Android Anda,lalu ikuti langkah-langkah berikut:
1. Jalankan aplikasi CamScanner, sehingga akan muncul tampilan awal seperti berikut

2. Langkah berikutnya adalah mengambil photo yang akan di scan, klik tombol 1 untuk mengambil photo yang sudah di simpan di internal handphone atau tombol 2 apabila ingin mengambil photonya langsung dengan kamera handphone Anda.
Catatan: Hasil akhir scan akan sangat tergantung dari kualitas photo yang di scan, kalau kamera handphone kita tidak terlalu bagus, disarankan mengambil photo dengan kamera digital yang punya resolusi libih baik, kemudian pindahkan photonya ke dalam handphone untuk di scan (pakai tombol 1)

3. Arahkan sudut-sudut garis hijau ke empat sudut dari dokumen

4. Tekan tanda centang setelah pemrosesan gambar selesai
5. Selesai...thanks buat Android dan CamScanner :)
Semoga bermanfaat, dan bantu sebarkan artikel ini dengan share di Facebook dan Twitter rekan-rekan :)

8 Langkah Membuat Selai Buah


Bila Anda penggemar buah-buahan, Anda bisa mengonsumsi makanan kesukaan Anda dalam bentuk lain, yaitu selai. Rasanya akan sangat nikmat jika dipasangkan dengan roti, biskuit, atau yang lainnya. Daripada membeli selai ke toko atau supermarket, buat saja sendiri.

Cara membuat:

1. Cuci dan kupas buah yang Anda inginkan. Bersihkan buah dari tangkainya, bagian daging yang rusak, atau sudah terlalu lunak.

2. Siapkan sebuah panci berukuran lebar, namun dangkal.

3. Masukkan buah dan hancurkan dengan tangan secara perlahan.

4. Rebus buah tanpa air. Aduk terus hingga mendidih dan terasa lembut.

5. Tambahkan gula (gunakan sekitar satu cangkir gula untuk setiap tiga atau empat cangkir buah).

6. Lanjutkan mengaduk secara perlahan hingga mendidih.

7. Kecilkan api dan teruskan memasak hingga buah mengental. Biasanya proses ini memakan waktu antara 10-20 menit.

8. Matikan api, dan dinginkan buah. Selai pun jadi dan bisa dimasukkan ke dalam stoples bersih.

Sumber: Majalah Sekar & Kompas Female
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Bila Anda penggemar buah-buahan, Anda bisa mengonsumsi makanan kesukaan Anda dalam bentuk lain, yaitu selai. Rasanya akan sangat nikmat jika dipasangkan dengan roti, biskuit, atau yang lainnya. Daripada membeli selai ke toko atau supermarket, buat saja sendiri.

Cara membuat:

1. Cuci dan kupas buah yang Anda inginkan. Bersihkan buah dari tangkainya, bagian daging yang rusak, atau sudah terlalu lunak.

2. Siapkan sebuah panci berukuran lebar, namun dangkal.

3. Masukkan buah dan hancurkan dengan tangan secara perlahan.

4. Rebus buah tanpa air. Aduk terus hingga mendidih dan terasa lembut.

5. Tambahkan gula (gunakan sekitar satu cangkir gula untuk setiap tiga atau empat cangkir buah).

6. Lanjutkan mengaduk secara perlahan hingga mendidih.

7. Kecilkan api dan teruskan memasak hingga buah mengental. Biasanya proses ini memakan waktu antara 10-20 menit.

8. Matikan api, dan dinginkan buah. Selai pun jadi dan bisa dimasukkan ke dalam stoples bersih.

Sumber: Majalah Sekar & Kompas Female

Cara Membuat Yoghurt



Yoghurt merupakan salah satu olahan susu yang diproses melalui proses fermentasi dengan penambahan kultur organisme yang baik, salah satunya yaitu bakteri asam laktat. Di pasaran yoghurt terbagi dalam dua jenis, yang pertama adalah yoghurt plain yaitu yoghurt tanpa rasa tambahan dan yang kedua adalah drink yoghurt yaitu yoghurt plain yang oleh produsen telah ditambahkan perasa tambahan buah-buahan seperti rasa stroberi, jeruk ataupun leci .

Kelebihan Yoghurt :
Bila di nilai dari kandungan gizinya, yoghurt tidaklah kalah dengan susu pada umumnya. Hal ini karena bahan dasar yoghurt adalah susu, bahkan ada beberapa kelebihan yoghurt yang tidak dimiliki oleh susu murni yaitu :

1. Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif dengan susu (yang ditandai dengan diare) karena laktosa yang terkandung pada susu biasa sudah disederhanakan dalam proses fermentasi yoghurt.
2. Bila dikonsumsi secara rutin bahkan mampu menghambat kadar kolestrol dalam darah karena yoghurt mengandung bakteri lactobasillus. Lactobasillus berfungsi menghambat pembentukan kolestrol dalam darah kita yang berasal dari makanan yang kita makan seperti jeroan atau daging.
3. Meningkatkan daya tahan tubuh kita karena yoghurt mengandung banyak bakteri baik sehingga secara otomatis dapat menyeimbangkan bakteri jahat yang terdapat dalam susu kita.


Cara Pembuatan Yoghurt
Walaupun terlihat sulit, pembuatan yoghurt sebenarnya sangat sederhana. Alat-alat yang kita butuhkan tidaklah terlalu rumit, seperti panci berukuran kira-kira 40 cm, sendok pengaduk, toples kaca dengan tutup. Semua peralatan ini dapat diperoleh dengan mudah dipasar-pasar atau pusat pembelanjaan seperti Carrefour. Bahan utama yang dibutuhkan untuk pembuatan yoghurt hanyalah susu. Susu ini dapat berupa susu cair langsung tetapi yang perlu diperhatikan susu yang digunakan harus susu putih.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Siapkan susu yang sudah dicairkan dengan air matang sebanyak 1 liter lalu tambahkan susu krim sebanyak 15%.
2. Masak dengan api kecil sambil diaduk terus selama 30 menit tetapi jangan sampai mendidih. Hal ini hanya bertujuan untuk menguapkan air sehingga nantinya akan terbentuk gumpalan atau solid yoghurt.
3. Jika sudah, solid yoghurt lalu diangkat dan didinginkan kira-kira sampai hangat-hangat kuku baru kemudian ditambahkan bibit yoghurt sebanyak 2 – 5% dari jumlah yoghurt yang sudah mengental tadi. Bibit yoghurt memang tidak dijual di pasaran secara bebas tetapi dapat anda peroleh disalah satu toko. Atau secara sederhananya kita dapat menggunakan yogurt yang plain (tanpa rasa tambahan), tanpa gula dan tanpa aroma sebagai bibit yoghurt.
4. Diamkan selama 24 jam dalam wadah tertutup untuk menghasilkan rasa asam dan bentuk yang kental.
5. Semakin tinggi total solidnya maka cairan bening yang tersisa semakin sedikit, dan yoghurt yang dihasilkan semakin bagus. Solid yoghurt yang belum diberikan tambahan rasa ini dapat juga dijadikan bibit yoghurt untuk pembuatan selanjutnya.
6. Setelah berbentuk yoghurt dapat ditambahkan sirup atau gula bagi yang tidak kuat asamnya, bahkan bisa ditambahkan dengan perasa tambahan makanan seperti rasa jeruk, strawberry dan leci yang dapat kita peroleh di apotek-apotek. Yoghurt dapat disajikan tidak hanya sebagai minuman, tetapi juga dapat disajikan bersama salad buah sebagai sausnya ataupun sebagai bahan campuran es buah.
7. Yoghurt yang sudah jadi dapat ditempatkan di wadah plastik ataupun kaca. Kalaupun kita ingin menggunakan wadah plastik sebaiknya yang agak tebal, akan tetapi bila ingin menyimpan yoghurt untuk waktu yang lebih lama sebaiknya menggunakan wadah kaca.

Kebersihan merupakan hal yang harus sangat kita perhatikan, sehingga sebaiknya semua alat yang digunakan direbus terlebih dahulu dalam air mendidih selama 5-10 menit. Apabila kebersihan tidak dijaga dapat mengakibatkan yoghurt tidak jadi, dengan ciri-ciri tidak berasam walaupun berbentuk solid, di permukaan solid ditumbuhi jamur yang berbentuk bintik-bintik hitam dan berbau asam yang sangat tajam.
Untuk yoghurt yang kita buat sendiri sebaiknya paling lama penyimpanannya selama 1 minggu.

Selain masalah kebersihan, masalah penyimpanan yoghurt juga perlu untuk diperhatikan.

Ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu :

1. Yoghurt tidak boleh terkena sinar matahari.
2. Tidak boleh ditaruh dalam suhu ruangan, harus disimpan dalam suhu dingin/kulkas tetapi juga tidak boleh diletakkan dalam freezer. Yoghurt tidak boleh disimpan dalam freezer karena bahan dasar yoghurt yang berupa susu dapat pecah dan justru itu akan merusak yoghurt.

Tips Memilih Yogurt
Bila anda tidak sempat membuat dan ingin membeli yogurt di pasaran maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

1. Pilihlah yoghurt yang kental.
2. Pilihlah yoghurt yang disimpan di suhu dingin jangan yang di luar karena biasanya sudah disterilkan lagi sehingga mikroorganismenya sudah tidak ada.
3. Dicermati labelnya yang plain yoghurt atau yang drink yoghurt disesuaikan dengan kebutuhan kita.
4. Dicermati tanggal kadaluarsanya.

sumber: bisnisukm.com
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :

Yoghurt merupakan salah satu olahan susu yang diproses melalui proses fermentasi dengan penambahan kultur organisme yang baik, salah satunya yaitu bakteri asam laktat. Di pasaran yoghurt terbagi dalam dua jenis, yang pertama adalah yoghurt plain yaitu yoghurt tanpa rasa tambahan dan yang kedua adalah drink yoghurt yaitu yoghurt plain yang oleh produsen telah ditambahkan perasa tambahan buah-buahan seperti rasa stroberi, jeruk ataupun leci .

Kelebihan Yoghurt :
Bila di nilai dari kandungan gizinya, yoghurt tidaklah kalah dengan susu pada umumnya. Hal ini karena bahan dasar yoghurt adalah susu, bahkan ada beberapa kelebihan yoghurt yang tidak dimiliki oleh susu murni yaitu :

1. Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif dengan susu (yang ditandai dengan diare) karena laktosa yang terkandung pada susu biasa sudah disederhanakan dalam proses fermentasi yoghurt.
2. Bila dikonsumsi secara rutin bahkan mampu menghambat kadar kolestrol dalam darah karena yoghurt mengandung bakteri lactobasillus. Lactobasillus berfungsi menghambat pembentukan kolestrol dalam darah kita yang berasal dari makanan yang kita makan seperti jeroan atau daging.
3. Meningkatkan daya tahan tubuh kita karena yoghurt mengandung banyak bakteri baik sehingga secara otomatis dapat menyeimbangkan bakteri jahat yang terdapat dalam susu kita.


Cara Pembuatan Yoghurt
Walaupun terlihat sulit, pembuatan yoghurt sebenarnya sangat sederhana. Alat-alat yang kita butuhkan tidaklah terlalu rumit, seperti panci berukuran kira-kira 40 cm, sendok pengaduk, toples kaca dengan tutup. Semua peralatan ini dapat diperoleh dengan mudah dipasar-pasar atau pusat pembelanjaan seperti Carrefour. Bahan utama yang dibutuhkan untuk pembuatan yoghurt hanyalah susu. Susu ini dapat berupa susu cair langsung tetapi yang perlu diperhatikan susu yang digunakan harus susu putih.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Siapkan susu yang sudah dicairkan dengan air matang sebanyak 1 liter lalu tambahkan susu krim sebanyak 15%.
2. Masak dengan api kecil sambil diaduk terus selama 30 menit tetapi jangan sampai mendidih. Hal ini hanya bertujuan untuk menguapkan air sehingga nantinya akan terbentuk gumpalan atau solid yoghurt.
3. Jika sudah, solid yoghurt lalu diangkat dan didinginkan kira-kira sampai hangat-hangat kuku baru kemudian ditambahkan bibit yoghurt sebanyak 2 – 5% dari jumlah yoghurt yang sudah mengental tadi. Bibit yoghurt memang tidak dijual di pasaran secara bebas tetapi dapat anda peroleh disalah satu toko. Atau secara sederhananya kita dapat menggunakan yogurt yang plain (tanpa rasa tambahan), tanpa gula dan tanpa aroma sebagai bibit yoghurt.
4. Diamkan selama 24 jam dalam wadah tertutup untuk menghasilkan rasa asam dan bentuk yang kental.
5. Semakin tinggi total solidnya maka cairan bening yang tersisa semakin sedikit, dan yoghurt yang dihasilkan semakin bagus. Solid yoghurt yang belum diberikan tambahan rasa ini dapat juga dijadikan bibit yoghurt untuk pembuatan selanjutnya.
6. Setelah berbentuk yoghurt dapat ditambahkan sirup atau gula bagi yang tidak kuat asamnya, bahkan bisa ditambahkan dengan perasa tambahan makanan seperti rasa jeruk, strawberry dan leci yang dapat kita peroleh di apotek-apotek. Yoghurt dapat disajikan tidak hanya sebagai minuman, tetapi juga dapat disajikan bersama salad buah sebagai sausnya ataupun sebagai bahan campuran es buah.
7. Yoghurt yang sudah jadi dapat ditempatkan di wadah plastik ataupun kaca. Kalaupun kita ingin menggunakan wadah plastik sebaiknya yang agak tebal, akan tetapi bila ingin menyimpan yoghurt untuk waktu yang lebih lama sebaiknya menggunakan wadah kaca.

Kebersihan merupakan hal yang harus sangat kita perhatikan, sehingga sebaiknya semua alat yang digunakan direbus terlebih dahulu dalam air mendidih selama 5-10 menit. Apabila kebersihan tidak dijaga dapat mengakibatkan yoghurt tidak jadi, dengan ciri-ciri tidak berasam walaupun berbentuk solid, di permukaan solid ditumbuhi jamur yang berbentuk bintik-bintik hitam dan berbau asam yang sangat tajam.
Untuk yoghurt yang kita buat sendiri sebaiknya paling lama penyimpanannya selama 1 minggu.

Selain masalah kebersihan, masalah penyimpanan yoghurt juga perlu untuk diperhatikan.

Ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu :

1. Yoghurt tidak boleh terkena sinar matahari.
2. Tidak boleh ditaruh dalam suhu ruangan, harus disimpan dalam suhu dingin/kulkas tetapi juga tidak boleh diletakkan dalam freezer. Yoghurt tidak boleh disimpan dalam freezer karena bahan dasar yoghurt yang berupa susu dapat pecah dan justru itu akan merusak yoghurt.

Tips Memilih Yogurt
Bila anda tidak sempat membuat dan ingin membeli yogurt di pasaran maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

1. Pilihlah yoghurt yang kental.
2. Pilihlah yoghurt yang disimpan di suhu dingin jangan yang di luar karena biasanya sudah disterilkan lagi sehingga mikroorganismenya sudah tidak ada.
3. Dicermati labelnya yang plain yoghurt atau yang drink yoghurt disesuaikan dengan kebutuhan kita.
4. Dicermati tanggal kadaluarsanya.

sumber: bisnisukm.com

Menghindari Percikan Minyak saat Menggoreng


Biasanya kalau menggoreng ikan bandeng atau sejenisnya dalam minyak panas, minyaknya akan memercik dan beterbangan kemana-mana, sangat berbahaya karena bisa mengenai bagian-bagian badan kita, apalagi buat anak-anak, akan sangat bahaya. 

Berikut adalah tips supaya aman mencegah agar tidak terjadi percikan minyak saat menggoreng.

Taburkan sedikit tepung beras kedalam minyak panas sebelum menggoreng ikan. Lalu masukkan ikannya. Ini menyebabkn minyaknya tidak memercik lagi. Dan kita aman dalam menggoreng. Selamat mencoba...

Tulisan ini atas kontribusi dari Bapak Sukardi Sp
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Biasanya kalau menggoreng ikan bandeng atau sejenisnya dalam minyak panas, minyaknya akan memercik dan beterbangan kemana-mana, sangat berbahaya karena bisa mengenai bagian-bagian badan kita, apalagi buat anak-anak, akan sangat bahaya. 

Berikut adalah tips supaya aman mencegah agar tidak terjadi percikan minyak saat menggoreng.

Taburkan sedikit tepung beras kedalam minyak panas sebelum menggoreng ikan. Lalu masukkan ikannya. Ini menyebabkn minyaknya tidak memercik lagi. Dan kita aman dalam menggoreng. Selamat mencoba...

Tulisan ini atas kontribusi dari Bapak Sukardi Sp

Yuk Membuat Lilin Aroma

Membuat lilin itu mudah. Aktivitas ini adalah perkara kreativitas yang membutuhkan material yang tidak banyak dan sedikit imajinasi. Toko-toko penjual peralatan hobi menyediakan kebutuhan dasar. Jadi tak perlu takut mencoba. Inilah tahapan sederhana cara membuat lilin versihobbycraft.co.uk 






Bahan-bahan yang diperlukan :
1. Wax--pilih yang premium, dalam bentuk jel, wax lebah atau krim
2. Stearin--elemen ini berfungsi sebagai pengeras wax yang gampang meleleh sehingga memperendah tipe wax yang tahan dengan temperatur tinggi
3. Sumbu untuk lilin
4. Pewarna tersedia dalam berbagai pilihan dan bisa dicampur
5. Parfum untuk aroma
6. Cetakan--bisa terbuat dari plastik, logam atau tanah liat

Langkah pembuatan :
1. Mempersiapkan cetakan dan sumbu
Pilihlah cetakan dari berbagai bentuk dan ukuran dan pastikan di dalamnya bersih tanpa bercak atau noda yang memungkinkan mempengaruhi lilin anda.
Pilih ukuran sumbu yang tepat. Semakin besar cetakan maka anda bisa menggunakan sumbu ukuran tebal, begitu pula sebaliknya. Potong panjang sumbu paling sedikit lima centimeter lebih panjang dari cetakan. Ulur sumbu ke tengah cetakan dan buat simpul pengaman di luar cetakan yang bisa anda lilitkan di stik es krim misalnya. (lihat gambar)
Simpul harus tepat berdiri tegak di tengah cetakan tapi tidak tegang atau terlalu molor.

2. Melelehkan Wax dan Persiapan
Wax atau lilin dalam bentuk parafin akan meleleh di bawah titik didih air. Bila anda tidak memiliki panci khusus lilin, maka siapkan dua wajan teflon tua kecil yang satunya pas di dalam dari wajan lainya.
Didihkan air di wajan lebih besar. Lalu tempatkan parafin di wajan lebih kecil sekitar 500 gram. Letakkan wajan kecil di atas wajan besar dan jaga api tetap kecil.
Jangan tinggalkan panci anda begitu parafin mulai meleleh. Terus cek ketinggian air di wajan lebih besar. Ketika wax sepenuhnya meleleh tambahkan stearin untuk meningkatkan kualitas pembakaran lilin
Takarannya. 1 stearin : 10 bagian parafin.
Penting : Bila parafin terpercik ke api saat melehkan, langsung matikan kompor dan tutup api dengan kain basah. Jangan gunakan air untuk mematikan air dan JANGAN pernah panaskan parafin di atas 90 derajat celsius.

3. Pewarnaan dan Pemberian Aroma
Tambahkan pewarna sedikit demi sedikit tepat sebelum panci diangkat dari kompor. Sebagai panduan, 25 persen dari satu lembar pewarna lilin sudah bisa membuat cerah 500 gram campuran lilin dan stearin.
Selanjutnya yakni memberi aroma. Cukup tuangkan 2,5 ml aroma ke cairan 500 gr lilin+stearin. Bentuk aroma kadang tersedia dalam blok atau cair. Minyak pot-pourri atau minyak esensial bisa juga digunakan. Aduk campuran lalu angkat dari kompor. Jangan sampai cairan lilin anda mendidih atau menggelembung.

4. Penuangan.
Hangatkan cairan lilin+stearin sedikit. Jauh lebih mudah bila anda menuangnya terlebih dahulu ke dalam gelas ukur atau tempat semacam teko lalu tuang ke cetakan.
Bila perlu putar cetakan sedikit demi sedikit saat menuang. Cara ini mencegah pembentukan gelembung udara. Tuang lilin ke cetakan hingga hampir menyentuh batang penyokong sumbu.

5. Penyelesaian.
Begitu cairan mendingin, maka akan ia akan mulai berkontraksi dan melepaskan area dasar cetakan. Celah ini bisa anda isi kembali dengan menuangkan cairan panas.
Begitu semua membeku betul, hilangkan penyegel cetakan dan potong sumbu sedekat mungkin dengan simpul. Keluarkan lilin dari cetakan. Bila lilin anda susah keluar, letakkan ke dalam kulkas elama 15 menit atau tempatkan cetakan yang masih berisi lilin ke air panas beberapa saat.
Saat lilin anda sudah keluar, rapikan sumbu, ratakan bagian bawah lilin dengan menggosok. Bersihkan semua peralatan. Biarkan lilin anda benar-benar mengeras sekurangnya 24 jam sebelum anda menyalakan.

sumber : hobbycraft.co.uk dan Republika.co.id BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT :
Membuat lilin itu mudah. Aktivitas ini adalah perkara kreativitas yang membutuhkan material yang tidak banyak dan sedikit imajinasi. Toko-toko penjual peralatan hobi menyediakan kebutuhan dasar. Jadi tak perlu takut mencoba. Inilah tahapan sederhana cara membuat lilin versihobbycraft.co.uk 






Bahan-bahan yang diperlukan :
1. Wax--pilih yang premium, dalam bentuk jel, wax lebah atau krim
2. Stearin--elemen ini berfungsi sebagai pengeras wax yang gampang meleleh sehingga memperendah tipe wax yang tahan dengan temperatur tinggi
3. Sumbu untuk lilin
4. Pewarna tersedia dalam berbagai pilihan dan bisa dicampur
5. Parfum untuk aroma
6. Cetakan--bisa terbuat dari plastik, logam atau tanah liat

Langkah pembuatan :
1. Mempersiapkan cetakan dan sumbu
Pilihlah cetakan dari berbagai bentuk dan ukuran dan pastikan di dalamnya bersih tanpa bercak atau noda yang memungkinkan mempengaruhi lilin anda.
Pilih ukuran sumbu yang tepat. Semakin besar cetakan maka anda bisa menggunakan sumbu ukuran tebal, begitu pula sebaliknya. Potong panjang sumbu paling sedikit lima centimeter lebih panjang dari cetakan. Ulur sumbu ke tengah cetakan dan buat simpul pengaman di luar cetakan yang bisa anda lilitkan di stik es krim misalnya. (lihat gambar)
Simpul harus tepat berdiri tegak di tengah cetakan tapi tidak tegang atau terlalu molor.

2. Melelehkan Wax dan Persiapan
Wax atau lilin dalam bentuk parafin akan meleleh di bawah titik didih air. Bila anda tidak memiliki panci khusus lilin, maka siapkan dua wajan teflon tua kecil yang satunya pas di dalam dari wajan lainya.
Didihkan air di wajan lebih besar. Lalu tempatkan parafin di wajan lebih kecil sekitar 500 gram. Letakkan wajan kecil di atas wajan besar dan jaga api tetap kecil.
Jangan tinggalkan panci anda begitu parafin mulai meleleh. Terus cek ketinggian air di wajan lebih besar. Ketika wax sepenuhnya meleleh tambahkan stearin untuk meningkatkan kualitas pembakaran lilin
Takarannya. 1 stearin : 10 bagian parafin.
Penting : Bila parafin terpercik ke api saat melehkan, langsung matikan kompor dan tutup api dengan kain basah. Jangan gunakan air untuk mematikan air dan JANGAN pernah panaskan parafin di atas 90 derajat celsius.

3. Pewarnaan dan Pemberian Aroma
Tambahkan pewarna sedikit demi sedikit tepat sebelum panci diangkat dari kompor. Sebagai panduan, 25 persen dari satu lembar pewarna lilin sudah bisa membuat cerah 500 gram campuran lilin dan stearin.
Selanjutnya yakni memberi aroma. Cukup tuangkan 2,5 ml aroma ke cairan 500 gr lilin+stearin. Bentuk aroma kadang tersedia dalam blok atau cair. Minyak pot-pourri atau minyak esensial bisa juga digunakan. Aduk campuran lalu angkat dari kompor. Jangan sampai cairan lilin anda mendidih atau menggelembung.

4. Penuangan.
Hangatkan cairan lilin+stearin sedikit. Jauh lebih mudah bila anda menuangnya terlebih dahulu ke dalam gelas ukur atau tempat semacam teko lalu tuang ke cetakan.
Bila perlu putar cetakan sedikit demi sedikit saat menuang. Cara ini mencegah pembentukan gelembung udara. Tuang lilin ke cetakan hingga hampir menyentuh batang penyokong sumbu.

5. Penyelesaian.
Begitu cairan mendingin, maka akan ia akan mulai berkontraksi dan melepaskan area dasar cetakan. Celah ini bisa anda isi kembali dengan menuangkan cairan panas.
Begitu semua membeku betul, hilangkan penyegel cetakan dan potong sumbu sedekat mungkin dengan simpul. Keluarkan lilin dari cetakan. Bila lilin anda susah keluar, letakkan ke dalam kulkas elama 15 menit atau tempatkan cetakan yang masih berisi lilin ke air panas beberapa saat.
Saat lilin anda sudah keluar, rapikan sumbu, ratakan bagian bawah lilin dengan menggosok. Bersihkan semua peralatan. Biarkan lilin anda benar-benar mengeras sekurangnya 24 jam sebelum anda menyalakan.

sumber : hobbycraft.co.uk dan Republika.co.id

Penutup Kantong Plastik dari Botol Plastik Bekas

Mencari ide untuk menggunakan botol air bekas? salah satu ide adalah dengan memanfaatkannya untuk menutup kantong plastik, seperti tas sandwich. Metode ini ramah lingkungan dan sangat berguna di rumah.








1.Potong Botol Plastik air mineral ( atau botol sejenis) yang tidak dipakai lagi pada bagian leher, ambil bagian leher dan tutupnya.











2.Buka penutup botolnya, masukkan kantong plastik melalui leher botol bagian bawah.

3.Lipat kebawah ujung kantong plastik di sekeliling ulir pada leher botol.

4.Pasang penutup botol untuk menutup kantong plastik.

sumber : wikihow
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT : Mencari ide untuk menggunakan botol air bekas? salah satu ide adalah dengan memanfaatkannya untuk menutup kantong plastik, seperti tas sandwich. Metode ini ramah lingkungan dan sangat berguna di rumah.








1.Potong Botol Plastik air mineral ( atau botol sejenis) yang tidak dipakai lagi pada bagian leher, ambil bagian leher dan tutupnya.











2.Buka penutup botolnya, masukkan kantong plastik melalui leher botol bagian bawah.

3.Lipat kebawah ujung kantong plastik di sekeliling ulir pada leher botol.

4.Pasang penutup botol untuk menutup kantong plastik.

sumber : wikihow

Membuat Kertas dari Koran Bekas

Sejalan dengan semangat untuk menjaga hijaunya planet kita, kita bisa melakukan daur ulang koran bekas menjadi kertas baru dengan cara sederhana. 

Meskipun hasilnya tidak akan sebagus kertas baru, tapi tetap bisa digunakan untuk menulis atau untuk kerajinan yang menggunakan kertas.

Lebih dari itu, dengan mendaur ulang kertas kita sudah melakukan gerakan nyata untuk mengurangi jumlah pohon yang ditebang untuk membuat kertas baru dan mengurangi jumlah sampah oleh kertas bekas yang tidak digunakan lagi.

Alat & Bahan (gambar 2):



- papan kayu
- saringan dengan ukuran lubang sekitar 1 mm
- lembaran formika
- Wadah air persegi ( cukup besar untuk memasukan bingkai saringan)
- penumbuk
- wadah menumbuk kertas
- alat pengering rambut
- spons datar
- Koran bekas
- air

Persiapan:

Dengan papan kayu, buatlah bingkai untuk saringan. Jepit saringan ditengah-tengah.
(Lihat gambar berikut, bentuk bingkai saringan setelah jadi dilihat dari atas dan bawah)



Proses Pembuatan:

- rendam beberapa lembar koran bekas dalam air (lebih baik jika dibiarkan untuk satu atau dua hari)
- angkat dari rendaman, lalu peras airnya
- dengan menggunakan wadah penumbuk dan tumbukan, hancurkan kertas sedikit demi sedikit untuk mendapatkan bubur kertas yang homogen
- ulangi ini sampai Anda memiliki cukup bubur kertas


- isilah separuh wadah persegi dengan air
- masukkan adonan kertas kedalam air dan aduk untuk memisahkan serat
- buang setiap gumpalan yang dihasilkan (bubur serat yang padat harus tetap di dalam air)
- rendamlah saringan kedalam bubur serat kertas dalam wadah (posisikan seperti dalam gambar dibawah)
- secara perlahan angkat saringan dari lapisan bubur kertas dan dijaga posisinya agar tetap stabil horizontal sampai keluar dari lapisan serat
- tahan sebentar untuk meneteskan air


- tempatkan sisi yang halus dari Formika di atas serat kertas yang masih berair
- tekan lembaran Formica sedikit untuk mengalirkan air,hati-hati agar tidak sampai merusak saringan


- dengan spons, kumpulkan air dari sisi bawah dan diperas beberapa kali
- angkat lembaran Formica dengan hati-hati sehingga lembaran kertas tetap melekat padanya


- biarkan lembaran kertas mengering. Untuk mempercepat proses ini, bisa dengan bantuan alat pengering rambut.


Berikut adalah kertas yang di hasilkan....


Selamat mencoba, dan kirim photo-photo hasilnya untuk kami tampilkan di blog ini..


Sumber : www.funsci.com
BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA SOBAT : Sejalan dengan semangat untuk menjaga hijaunya planet kita, kita bisa melakukan daur ulang koran bekas menjadi kertas baru dengan cara sederhana. 

Meskipun hasilnya tidak akan sebagus kertas baru, tapi tetap bisa digunakan untuk menulis atau untuk kerajinan yang menggunakan kertas.

Lebih dari itu, dengan mendaur ulang kertas kita sudah melakukan gerakan nyata untuk mengurangi jumlah pohon yang ditebang untuk membuat kertas baru dan mengurangi jumlah sampah oleh kertas bekas yang tidak digunakan lagi.

Alat & Bahan (gambar 2):



- papan kayu
- saringan dengan ukuran lubang sekitar 1 mm
- lembaran formika
- Wadah air persegi ( cukup besar untuk memasukan bingkai saringan)
- penumbuk
- wadah menumbuk kertas
- alat pengering rambut
- spons datar
- Koran bekas
- air

Persiapan:

Dengan papan kayu, buatlah bingkai untuk saringan. Jepit saringan ditengah-tengah.
(Lihat gambar berikut, bentuk bingkai saringan setelah jadi dilihat dari atas dan bawah)



Proses Pembuatan:

- rendam beberapa lembar koran bekas dalam air (lebih baik jika dibiarkan untuk satu atau dua hari)
- angkat dari rendaman, lalu peras airnya
- dengan menggunakan wadah penumbuk dan tumbukan, hancurkan kertas sedikit demi sedikit untuk mendapatkan bubur kertas yang homogen
- ulangi ini sampai Anda memiliki cukup bubur kertas


- isilah separuh wadah persegi dengan air
- masukkan adonan kertas kedalam air dan aduk untuk memisahkan serat
- buang setiap gumpalan yang dihasilkan (bubur serat yang padat harus tetap di dalam air)
- rendamlah saringan kedalam bubur serat kertas dalam wadah (posisikan seperti dalam gambar dibawah)
- secara perlahan angkat saringan dari lapisan bubur kertas dan dijaga posisinya agar tetap stabil horizontal sampai keluar dari lapisan serat
- tahan sebentar untuk meneteskan air


- tempatkan sisi yang halus dari Formika di atas serat kertas yang masih berair
- tekan lembaran Formica sedikit untuk mengalirkan air,hati-hati agar tidak sampai merusak saringan


- dengan spons, kumpulkan air dari sisi bawah dan diperas beberapa kali
- angkat lembaran Formica dengan hati-hati sehingga lembaran kertas tetap melekat padanya


- biarkan lembaran kertas mengering. Untuk mempercepat proses ini, bisa dengan bantuan alat pengering rambut.


Berikut adalah kertas yang di hasilkan....


Selamat mencoba, dan kirim photo-photo hasilnya untuk kami tampilkan di blog ini..


Sumber : www.funsci.com